Puluhan Siswa Pangkalan GUDEP SMA/SMK/MA Pamarican Ikuti Pelantikan Penegak Laksana


JABARCENNA.COM | CIAMIS,- Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Pamarican, Cq. Dewan Kerja Ranting (DKR) Satria Praja Dhitakerti, mengadakan kegiatan Pelantikan Penegak Laksana, dengan cara melakukan pengembaraan berjalan kaki (Longmarch), menuju Kabupaten Pangandaran.

Peserta yang mengikuti kegiatan Pelantikan Penegak Laksana, tersebut berjumlah sebanyak 33 orang siswa, yang berasal dari Pangkalan Gugus Depan (Gudep) SMA/SMK/MA, yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican.

Kegiatan pelantikan tersebut berlangsung selama 3 hari, yaitu sejak hari Selasa, tanggal 21, hingga hari Kamis, tanggal 23 Desember 2021.

Dengan mengambil Start dari Halaman Koramil 1316/Pamarican, dan Finish di Kampus SD Negeri 1 Bangunkarya (Etape Hari Pertama), dan di Hari ke Dua, peserta akan menempuh perjalanan dari SD Negeri 1 Bangunkarya, dan berakhir (Finish), di SMK Negeri 1 Pangandaran.

“Kegiatan Pelantikan Penegak Laksana ini dilakukan dengan cara melakukan pengembaraan berjalan kaki (Longmarch), menuju Kabupaten Pangandaran, dan pengisian SKU” ujar Baehaki Efendi, S.Pd., selaku Ketua Kwarran Pamarican, Jum’at (24/12/2021).

Lanjut Beki, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan alam sekitar, dan melatih mental yang kuat, bagi para calon Penegak Laksana.

Beki, menambahkan bahwa kegiatan pelantikan Penegak Laksana, yang dilakukan dengan cara menempuh perjalanan panjang ke wilayah Kabupaten Pangandaran ini, adalah angkatan yang ke-VIII kalinya.

Beki, berharap dengan dilaksanakannya kegiatan pengembaraan ini diharapkan para calon Penegak Laksana, bisa lebih mengenal lingkungan, alam, dan warga masyarakat sekitarnya.

Dan tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Kwarcab Ciamis, Camat Pamarican selaku Ketua Mabiran, UPTD Puskesmas Pamarican, Koramil 1316/Pamarican, SDN 1 Bangunkarya, SMKN 1 Pangandaran, Tagana Kabupaten Pangandaran, GSR Ciamis, SMK Al-Ikhsan, MA IPHI Pamarican, MAN 4 Ciamis, SMAN Pamarican, dan seluruh Jajaran Panitia, yang telah membantu, dan mendukung, dalam kegiatan Pelantikan Penegak Laksana Tahun 2021, sehingga dapat berjalan lancar, dan sukses. tandasnya./Tema