TPS 3R di 8 Desa Dilaunching, Acep Harapkan Masyarakat Terlibat Langsung Dalam Pengelolaan Sampah


JABARCENNA.COM | KUNINGAN,- Terbangunnya Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle  (TPS 3R) di 8 Desa atas kerjasama dengan piha Bank Kuningan kini dilaunching.

Bertempat di Desa Padamenak, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. langsung melaunching secara TPS 3R yang berada di 8 (delapan) Desa di Kabupaten Kuningan, Kamis (10/2/2022).

Dari ke 8 Desa tersebut diantaranya, Desa Wanasaraya Kecamatan Kalimanggis, Desa Citundun Kecamatan Ciwaru, Desa Cikahuripan Kecamatan Maleber, Desa Cibinuang Kecamatan Kuningan, Desa Luragung Tonggoh Kecamatan Luragung, Desa Gandasoli Kecamatan Kramatmulya, Desa Padamenak Kecamatan Jalaksana, dan Desa Selajambe Kecamatan Selajambe.

Acep Purnama menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi terutama Bank Rakyat Kuningan (BPR), sehingga TPS 3R yang berada di 8 (delapan) Desa ini dapat terbangun.

“Kepada masyarakat semoga semua menyadari bahwa masalah sampah ini merupakan masalah besar di kehidupan kita. Jika suatu teknis penanggulangan sampah tidak didukung dengan kesadaran diri, tidak akan mengurangi dampak dari masalah sampah,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan diresmikannya TPS 3R ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin, dan mampu memberikan manfaat secara langsung bagi warga setempat dan sekitarnya.

“Dengan adanya TPS3R ini, masyarakat dapat terlibat aktif langsung dalam pengelolaan sampah. Selain memiliki hasil yang positif bagi lingkungan hidup di daerah sekitar, hasil pengelolaan sampah dapat menghasilkan kompos dan sebagainya, tentunya ini akan juga dapat menciptakan nilai ekonomis. semoga ini dapat berkelanjutan memberikan dampak yang baik, tentunya harus dijaga untuk keberlangsungan TPS3R ini,” ujarnya. (Iwan)