Peringati Nuzulul Qur'an, Nana : Pegang Teguh Al-Quran Jadikan Pedoman dan Tuntunan dalam Hidup


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., menghadiri peringatan Nuzulul Qur’an tingkat Kota Banjar yang bertempat di Pendopo Kota Banjar. Senin (18/04/2022).

Hadir secara langsung Komandan Kodim 0613 Ciamis, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Para Asisten, Para Kepala OPD, Ketua PHBI, Serta Perwakilan ASN. Selain itu, acara ini juga diikuti secara Virtual oleh Perwakilan Perangkat Daerah, DKM Se-Kota Banjar, Pesantren, ASN serta Masyarakat.


Dalam sambutanya, Wakil wali kota mengatakan Nuzulul quran menjadi salah satu momentum berharga yang terjadi di bulan Ramadan. Nuzulul quran merujuk pada peristiwa diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.

Nuzulul quran berasal dari kata nuzul dan Alquran. Kata nuzul secara harfiah berarti menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan quran merupakan Alquran, kitab suci umat Islam.

"Peringatan Nuzulul Quran harus menjadi momentum untuk mengingatkan kita agar senantiasa memegang teguh Al Quran sebagai pedoman dan tuntunan dalam hidup sekaligus mengajarkan kepada kita untuk selalu pandai membaca tanda-tanda kehidupan yang kita jalani."Ucapnya.

Lebih lanjut Wakil Wali Kota mengatakan, umat Islam wajib membaca dan memahami ayat-ayat Allah yang termaktub dalam Al Quran. Wakil wali kota juga mengajak, segenap kaum muslim di Kota Banjar untuk menjadikan Al Quran sebagai landasan keimanan dan landasan moral, baik dalam kehidupan pribadi, kehidupan keluarga, maupun kehidupan masyarakat.

Kegiatan ini diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Dr. H. Debi Fajrin Habibi, M.Pd., Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan mengambil tema "Implementasi Nilai-Nilai Al Quran dalam Kehidupan Mewujudkan Peradaban Mulia"./Tema