H Nana Suryana Hadiri Acara Halal Bilhalal PC NU Kota Banjar


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., menghadiri Kegiatan Halal bi Halal Idul Fitri 1443 H /2022 M yang bertempat di Gedung PCNU Kota Banjar Jalan Raya Banjar-Langensari KM 9 Desa Mulyasari Kecamatan Pataruman. Sabtu, 21 Mei 2022.

Kegiatan yang digelar oleh Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Kota Banjar ini dihadiri oleh Ketua PC NU Kota Banjar, Kapolsek Langensari, Ketua GP Ansor serta Pengurus PC NU Kota Banjar.


Mengawali sambutanya, Wakil wali kota mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443H.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Banjar saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443H. Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama ini ada kebijakan yang tidak berkenan. " Ucapnya.

Menurut wakil wali kota, Halal bihalal pertama kali dicetuskan oleh KH. Wahab Chasbullah pada tahun 1946. Pada masa itu, Indonesia diketahui sedang mengalami masalah disintegrasi bangsa. Dalam kondisi tersebut, Bung Karno kemudian memanggil KH. Wahab Chasbullah untuk memberikan saran dan pendapat guna mengatasi situasi politik tersebut. Pada saat itu, KH.Wahab Abdullah memberikan saran pelaksanaan kegiatan halal bihalal. Kegiatan ini dilakukan untuk tujuan membumikan dan menumbuhkan konsep ajaran Ahlussunah wal Jamaah. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat Indonesia dapat mempererat tali persaudaraan, kemanusiaan, dan kebangsaan.

"Halal Bi Halal adalah sebuah " Produk" Asli Indonesia. Istilah halal bi halal hanya ada di Indonesia yang biasanya di gelar setelah Idul Fitri. Intinya adalah untuk memperkuat jalinan silaturahmi. Apalagi setelah sebulan penuh kita menjalani bulan penuh ampunan ini, kita tutup dengan saling memaafkan. "Jelasnya.

Wakil Wali Kota m berharap agar pelaksanaan Halal Bi Halal tersebut dapat lebih mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan seluruh masyarakat Kota Banjar, khususnya Warga NU di Kota Banjar.

“Mari kita terus meningkatkan tali silaturahmi dan kebersamaan diantara kita semua, demi suksesnya pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di Kota Banjar ini,” pungkas wakil Wali Kota./Tema