Rencana Pembangunan Lapas Pangandaran, Kanwil Kemenkum dan HAM Jabar bersama Bupati Pangandaran Bahas Ketersediaan Lahan


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Pangandaran saat ini dalam proses koordinasi antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat dengan Bupati Pangandaran, khususnya membahas ketersediaan lahan.

Pertemuan yang dilaksanakan di Pangandaran (14/6) ini, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar, Maulidi Hilal bersama Kalapas Kelas IIB Banjar Muhammad Maulana bertemu dengan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata membahas terkait rencana dan keinginan pembangunan Lapas di Pangandaran dapat segera terwujud.


Maulidi Hilal menuturkan bahwa dalam pembangunan Lapas Pangandaran ini dibutuhkan lahan seluas 5 hektar. Kita ketahui bersama bahwa kondisi isi hunian Lapas di Indonesia saat ini telah melebihi kapasitas, sehingga nantinya kehadiran Lapas Pangandaran ini menjadi solusi untuk mengurangi kondisi overstaying tersebut, tutur Hilal.

Pada kesempatan yang sama, Hilal berharap nantinya Lapas Pangandaran melalui Program Pembinaan Kemandiriannya dapat menjadi daya Tarik bahkan menjadi Lapas Wisata dengan keunikannya memiliki program pembinaan kemandirian di bidang hasil olahan laut maupun aneka kerajinan khas pesisir pantai dan kami dorong agar Program Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) di Lapas Pangandaran nantinya dapat menjadi daya tarik tersendiri, pungkas Hilal./Tema