Apel Kesiapsiagaan Bencana, Kepala BBWS Citanduy : Ada 8 Titik Rawan Banjir


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Kegiatan Apel Kesiapsiagaan Bencana yang dilaksanakan di Jln Mayjen Didi Kartasasmita Kota Banjar bersama Pemerintah Kota Banjar, Polres Banjar Kodim 0613/Ciamis, BPBD Kota Banjar, ORARI Lokal Banjar serta berbagai unsur terkait, Jum'at ( 23/09/2022).

Dalam kesempatan tersebut, apel diikuti puluhan personel terdiri dari anggota TNI/Polri, BPBD serta peralatan yang digunakan untuk penanganan bencana alam.

Kepala BBWS Citanduy Bambang Hidayah seusai Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam menyampaikan, tujuan dari apel ini untuk lebih siaga/stand by dalam menghadapi bencana yang akan datang. Dimana BMKG selalu mengingatkan kita hujan ekstrim akan lebih besar lagi terjadi di bulan Oktober dan November.

"Dalam kesiapsiagaan bencana ini kita akan mempersiapkan SDM kita dan petugas -petugas, serta membentuk Satgas bencana, sedangkan yang sudah ada tentunya diingatkan untuk lebih siaga. Dan tentunya semuanya harus bersinergi. Bersinergi antara BPBD, Pemkot Banjar dengan Pemkab yang berada di wilayah Citanduy. Karena misalnya terjadi banjir, bukan hanya di hulu, namun juga di tengah dan di hilir juga banjir, " paparnya.

Kepala BBWS Citanduy menambahkan, di Kota Banjar sendiri ada 8 titik rawan banjir, karena sungai Citanduy melewati Kota Banjar.

" Dengan kesiapsiagaan bencana, jangan sampai terjadi kembali banjir, dan kita berusaha meminimalisir hal tersebut. Di sini perlu Sinergitas atau koordinasi, ketika banjir datang. Seandainya banjir datang, kami bersama BPBD akan mengevakuasi warga yang terkena bencana dengan menempatkan di lokasi-lokasi yang aman, " paparnya.

Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana mengapresiasi kegiatan tersebut. Dimana Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam dilaksanakan secara bersama-sama antara BBWS, TNI/Polri dan BPBD Kota Banjar, dan juga merupakan kerjasama lintas daerah, Banjar, Cilacap, Tasikmalaya dan Ciamis.

"Ini sinergitas yang penting sekali. Bagaimana kita menyikapi dan mengantisipasi supaya masyarakat Kota Banjar teraman kan dari bencana-bencana yang kapan saja datang tanpa kita duga, " ucapnya./Tema