Ketua HARPI Melati, IPHI dan Tiara Kusuma Kota Banjar Dilantik di Acara Seminar


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Ratusan peserta dari wilayah Priangan Timur mengikuti Seminar dan Lomba, sekaligus Pelantikan DPC HARPI Melati (2022 - 2027) dan Tiara Kusuma (2022 - 2006) Kota Banjar & Kabupaten Pangandaran yang diadakan di Graha Banjar Idaman (GBI) Kota Banjar, Selasa (20/09/2022).

Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang sosial budaya dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia perias pengantin, serta pengembangan dan pelestarian budaya Indonesia, khususnya di bidang seni rias dan upacara adat pengantin.

Sedangkan Tiara Kusuma adalah organisasi para pengusaha salon, kecantikan rambut serta kecantikan kulit.

Ketua Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI ) Melati, Tiara Kusuma, dan Ikatan Pembuat Hantaran Indonesia (IPHI) Kota Banjar dilantik bersama-sama dengan Ketua dari Kabupaten Pangandaran.

Ketua dari ketiga organisasi tersebut diantaranya untuk Ketua HARPI Melati Kota Banjar Nia Kania untuk masa kepengurusan tahun 2022 - 2027, Ketua Tiara kusuma Kota Banjar Sri Rohayati tahun 2022 - 2026 dan Ketua IPHI Kota Banjar Ratih Kaniawati.

Menurut Ketua panitia pelaksana acara Hj.Yeti Heryati, S.IP acara seminar tersebut untuk mempertahankan budaya kita.

Dengan adanya seminar ini, kita bisa menggali budaya-budaya yang hampir punah. Dimana saat ini kebanyakan sudah modifikasi.

"Dengan adanya HARPI ini kita bisa mempertahankan budaya rias pengantin sesuai dengan budaya yang saat ini hampir punah. Dan dengan adanya seminar ini, kita bisa menggali budaya-budaya yang hampir punah. Dimana saat ini kebanyakan sudah modifikasi.

Kedepannya kita mempunyai program untuk mengikuti pendidikan rias pengantin sesuai dengan pakem-pakem yang sudah ditentukan, "ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, H.Kaswad yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan selamat dan juga harapannya atas terselenggaranya seminar dan pelantikan dari Ketua HARPI Melati, IPHI dan Tiara Kusuma Kota Banjar.

"Mudah-mudahan pengurus ke tiga organisasi ini bisa melaksanakan tugas dengan baik dan berinovasi. Karena tata rias dan kecantikan itu sudah menjadi kebutuhan, dan nantinya akan berkembang lebih baik lagi, lebih maju dan semakin diminati oleh seluruh masyarakat, " harapnya./Tema