Menjual Hasil Bumi, Mama Eva Memilih Mendatangi Pos TNI Satgas 303


PAPUA | JABARCENNA.COM,-Perekonomian masyarakat yang ada di Distrik Eromaga, Kabupaten Puncak Papua pada umumnya bekerja di kebun atau ladang, dengan menanam sayuran-sayuran.

Hasil pertanian tersebut sebagian besar dijadikan sebagai sumber bahan makanan pokok sehari-hari untuk dikonsumsi, sebagian lagi biasanya dijual di pasar tradisional ataupun ditukar kepada Posramil melalui sistem barter.

Sudah menjadi tradisi masyarakat Distrik Eromaga yakni dengan cara tukar menukar hasil bumi berupa sayur-sayuran, dan umbi - umbian melalui mama-mama yang datang ke Pos. Hal ini menjadi sangat unik dan menarik.

‘’Tukar menukar barang yang sudah menjadi rutinitas pada umumnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan ditukar dengan beras, Mie Instan atau Bumbu Dapur," jelas Danpos Eromaga Satgas Yonif R 303/SSM Lettu Inf Ibrahim Bagus.


Kegiatan tukar menukar hasil kebun dengan bahan makanan pokok selama ini sangat berarti dan menimbulkan hubungan kekeluargaan yang erat, sehingga tercipta hubungan kekeluargaan dengan Personil TNI dapat berkomunikasi dengan masyarakat terkait persoalan yang terjadi.

Saking senangnya Mama Eva, sebagai salah satu masyarakat datang untuk menukar sayur-sayuran, merasa berterimakasih dengan Satgas TNI yang ada di Pos Eromaga, Selasa (21/11/2022).

‘’ Terimakasih kepada bapak tentara yang selama ini baik kepada Kami. Kami biasa menukar sayur-sayuran kepada bapak TNI, karena dengan cara ini kami bisa memperoleh bahan makanan yang kami butuhkan untuk kami konsumsi sehari hari." ujarnya./TM