Porprov Jabar XIV Tahun 2022, Spirit Kemajuan Kontingen Kota Banjar untuk Bangkit Berprestasi


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Kota Banjar menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan Porprov Jabar XIV Tahun 2022 untuk cabang olahraga Grasstrack dan Sepak Bola Puteri.

Gelora Banjar Patroman atau lebih dikenal Sport Center Langensari terpilih menjadi tempat pemusatan kedua cabor olahraga tersebut.

Hal ini, secara otomatis Kota Banjar menjadi kota tujuan dari Kabupaten / Kota di Jabar dan sekitarnya. Tentunya, ini mendongkrak perekonomian masyarakat di Kota Banjar. Baik dirasakan pelaku UMKM, penyedia jasa hotel dan restaurant, catering serta usaha lainnya.


Seperti saat sepak bola puteri yang berlangsung mulai 3 sampai 14 November 2022 di Stadion Gelora Banjar Patroman dengan peserta 14 Kabupaten / Kota di Jabar.

Kemudian, ketika grasstrack dari 4 kelas yang diperlombakan itu dikuti 16 Kab / Kota di Sirkuit Gelora Banjar Patroman, Kamis, 17 November 2022.

Diketahui, dari 14 Kabupaten/ Kota di Jabar. Sepak bola puteri untuk Juara 1 diraih Kabupaten Sukabumi, Juara 2 Kabupaten Sumedang dan Juara 3 Kabupaten Bandung.

Kendati laga sepak bola puteri tanpa penonton, namun para pecinta sepak bola masih bisa menikmati pertandingan tersebut dari chanel Youtube Diskominfo Kota Banjar.


Untuk Cabor grasstrack ini, penonton dibebaskan datang ke sirkuit untuk menonton secara gratis. Pembalap pribumi Kota Banjar berhasil meraih dua medali perak. Yaitu, Trail Standar 4 L Perorangan Upper menjadi Juara 2 yang diraih Adi Sucipto. Kemudian, Trail standar 4 L Beregu Upper menjadi Juara 2 yang diraih Adi Sucipto dan Ari Febriansyah.

Kendati prestasi yang diraih Kota Banjar belum maksimal selama Porprov Jabar tahun 2022 ini. Namun, jumlah raihan medali Kota Banjar dinilai mengalami kenaikan, dibanding Porprov Jabar XIII 2018. Saat dulu itu, tak meraih medali emas.

Menurut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar, Dedi Suardi, Atlet Cabor Gateball Nomor Triple Man (emas), Nomor Single Man (Perak), Nomor Double Man ( Perak ). Kemudian, Cabor Bermotor Grasstrack nomor Perorangan Uper 17 tahun (Perak), nomor Beregu Uper 17 tahun (Perak).

Sementara, Cabor Bermotor Roadrace nomor Perorangan under 17 tahun (Perunggu). Kemudian, Cabor Gulat nomor Gaya Bebas Kelas sampai dengan 125 kg meraih medali Perak.

“ Total raihan mendali Kota Banjar, 1 emas, 5 perak dan 1 perunggu. Semoga prestasi yang diraih Kota Banjar sekarang ini, menjadi sprit kemajuan olahraga di Banjar di masa mendatang,” ucap Dedi Suardi.


Menurut Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Banjar H. Yoyo Suharyono, Cabor Grasstrack pada ajang Porprov XIV Jabar di Kota Banjar ini, merupakan balapan pertama yang digelar tingkat Porprov Jabar.

“ Banjar jadi pioner tuan rumah Cabor Grasstrack tingkat Jabar. Diprogramkan juara cabor grasstrack ini dipertandingkan, maju ke tingkat nasional. Semoga di kedepannya Kota Banjar akan ditunjuk kembali menjadi tuan rumah dalam berbagai event ,” ucap H.Yoyo Suharyono.

Hal senada dikatakan Ketua IMI Kota Banjar, H. Asep Nugraha.

Menurut Asep, duta Kota Banjar pada cabor Grasstrack Porprov XIV Jabar tahun 2022, meraih dua medali perak. Yaitu, Trail Standar 4 L Perorangan Upper menjadi Juara 2 yang diraih Adi Sucipto. Kemudian, Trail standar 4 L Beregu Upper menjadi Juara 2 yang diraih Adi Sucipto dan Ari Febriansyah.

“ Porprov Jabar 2022 ini, Banjar mampu mengukir sejarah kemajuan balap motor dibanding Porprov Jabar sebelumnya. Semoga saja ke depannya lebih baik lagi ,” ucapnya.

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih dan Wakil Wali Kota Banjar, H.Nana Suryana, menyambut baik atas terpilihnya Kota Banjar menjadi tuan rumah Porprov serta mengapreasi dan mengucapkan terima kasih kepada atlet serta official yang sudah mengharumkan nama baik Kota Banjar.

Harapannya ke depan akan lahir atlet-atlet unggulan di Kota banjar yang dapat memberikan capaian prestasi lebih dari saat ini.

“ Semoga raihan juara tingkat Jabar atlet Kota Banjar sekarang mampu mengukir prestasi sampai tingkat internasional. Kami, Pemkot Banjar mengucapkan terima kasih atas terpilihnya jadi tuan rumah sepak bola putri dan grasstrack di Gelora Banjar Patroman, diharapkan Porprov atau even olahraga tingkat nasional lainnya dilaksanakan di Banjar juga nantinya,” ucap Hj.Ade Uu Sukaesih dan H.Nana Suryana./Tema.ADV