Wakil Walikota Banjar Hadiri Pembagian Produk dan Benih Hortikultura


BANJAR | JABARCENNA.COM,-Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., M. H., menghadiri kegiatan Pembagian produk dan Benih Hortikultura yang bertempat di Halaman Kantor Kelurahan Muktisari Kecamatan Langensari. Selasa (22/11/2022).

Kegiatan ini merupakan Program dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat dalam Upaya Pengendalian Inflasi bagi Pemulihan Ekonomi Jawa Barat. Dalam kegiatan tersebut juga digelar Produk Pasar Tani yang diikuti oleh Perwakilan KWT dan pelaku UMKM dari setiap Kecamatan dengan menampilkan hasil produksi pertanian unggulan dari masing-masing kecamatan.


Selain itu juga dilakukan Pembagian bantuan produk sayuran dan buah bagi masyarakat miskin sebanyak 250 paket. Penyerahan dilakukan oleh Wakil Wali Kota, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Banjar, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Banjar, Ketua KTNA, serta Forkopimcam Langensari.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Penyerahan Paket Bantuan Benih sayuran dan Pupuk Organik Cair dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat kepada empat KWT, yaitu KWT Bunga Tarum 1 Kelurahan Mekarsari, KWT Puteri Santana Jaya Kelurahan Pataruman, KWT Karya Sadar Kel Muktisari serta KWT Bina Rahayu Kelurahan Pataruman. Masing-masing KWT menerima bantuan Benih Cabe Rawit, Cabe Merah, Bawang Merah, Tomat Pupuk Organik Cair serta Polybag.


Dalam arahannya, wakil wali kota menuturkan bahwa pandemi berdampak terhadap seluruh sektor. Ekonomi global berada dalam tekanan, namun sektor Pertanian mampu bertahan pasca pandemi dan terus tumbuh seiring dengan upaya pemulihan ekonomi.

"Selain itu, tingkat inflasi meningkat seiring naiknya harga-harga komoditas, termasuk komoditas Pertanian. Untuk itu Pemerintah Kota Banjar berkomitmen untuk menahan laju inflasi dengan membentuk kemandirian pangan di wilayah Kota Banjar dengan melakukan program ketahanan Pangan seperti program KRPL dengan menanam komoditas pangan yang berpengaruh terhadap inflasi seperti Cabe dan bawang merah. "Jelasnya.

Untuk itu, Wakil wali kota mengucapkan terima kasih kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat atas penyerahan bantuan bagi empat KWT di Kota Banjar.

" Inilah sinergi dalam upaya menahan laju inflasi serta membantu Para Petani untuk terus bertahan dengan Kemandirian pemenuhan kebutuhan bahan pangan. Mari bersama-sama melakukan pemulihan ekonomi dengan memberdayakan sektor Pertanian di Kota Banjar. "Pungkas Wakil Wali Kota./Tema