Wali Kota Banjar Buka Kegiatan Job Fair 2022 yang Dilaksanakan Di Banjar Convention Hall


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., membuka kegiatan Bursa Tenaga Kerja (Job Fair) tahun 2022 yang bertempat di Banjar Convention Hall. Rabu (09/11/2022).

Gelaran Job Fair tahun 2022 ini diikuti oleh 21 perusahaan yang terdiri dari 11 perusahaan berasal dari luar Kota Banjar serta 10 Perusahaan yang berasal dari Kota Banjar yang membuka 2331 lowongan Pekerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar menjelaskan bahwa Job Fair merupakan sebuah tempat yang mewadahi perusahaan-perusahaan untuk bertemu dengan pencari kerja profesional serta untuk memfasilitasi para pencari kerja agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.

"Kegiatan ini sebagai sarana untuk mempertemukan antara pencari kerja dan perusahaan secara langsung. Sehingga dapat mempermudah proses penempatan baik untuk penempatan dalam negeri maupun luar negeri. Job Fair tahun ini dilaksanakan selama satu hari yang diikuti oleh 21 perusahaan yang berasal dari dalam dan luar Kota Banjar."jelasnya.

Mengawali arahanya, Wali kota mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan Job Fair tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar. Menurut wali kota pembangunan bidang Ketenagakerjaan bertujuan untuk membentuk iklim sosial, ekonomi dan budaya yang mendukung produktivitas tenaga kerja sehingga dapat hidup dengan layak berkualitas dan sejahtera.

"Namun upaya pencapaian tujuan tersebut tidaklah mudah karena dengan adanya jumlah penduduk yang semakin besar telah membawa akibat jumlah angkatan kerja yang semakin besar pula. Selain itu, Pandemi yang beberapa tahun terkahir ini melanda dunia, menjadikan angka Pengangguran yang semakin besar. Inilah yang menjadi tantangan terbesar bagi Pemerintah dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi. Diperlukan sinergi dan kerjasama antara pemerintah dengan seluruh pelaku usaha untuk mengurangi angka pengangguran dengan menarik Investor untuk menanamkan modalnya di Kota Banjar. "Jelas wali Kota.

Lebih lanjut wali kota menjelaskan bahwa berdasarkan data dari DPMPTSP Kota Banjar, Target Investasi di Kota Banjar sebesar 800 juta rupiah, namun sampai Bulan Oktober telah mencapai 1.3 Triliun rupiah. Selain itu, sampai bulan Oktober 2022 ini sebanyak 2.243 unit usaha telah berdiri dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 10.400 tenaga kerja.

"Dalam Job fair ini menyediakan 2331,sedangkan jumlah pengangguran sebanyak 5.300 orang. Untuk itu saya berpesan kepada para pencari kerja yang mayoritas anak-anak muda agar memberanikan diri untuk merintis usaha mandiri atau wirausaha. Ayo rintis usaha sendiri, jika ditekuni dengan baik bukan tidak mungkin usaha kita akan berkembang dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. "Pesan wali kota.

Kegitan ditutup dengan tinjauan ke 21 stand perusaahan yang mengikuti kegiatan Job Fair Tahun 2022.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Juga berkesempatan untuk meninjau stand Produk UMKM yang menjajakan berbagai macam produk makanan. Pelaku Usaha ini merupakan Alumni Binaan BLK Kota Banjar yang telah mengikuti Pelatihan Tata Boga di BLK Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar./Tema