Miskin Meningkat, TKPK Banjar Terus Genjot Turunkan Angka Kemiskinan

 


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Pemerintah Kota Banjar melalui Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Daerah terus berupaya menurunkan angka kemiskinan di Kota Banjar. Mengingat angka kemiskinan di Kota Banjar masih di atas sebelum terjadinya pandemi.

Sehingga ditengah situasi pandemi yang sudah melandai, TKPK Daerah Kota Banjar menargetkan bisa kembali di angka sebelum pandemi Covid-19. Salah satunya dengan melakukan peningkatan pemberdayaan masyarakat serta koordinasi setiap OPD dan stakeholder terkait guna menaikan pendapatan masyarakat di Kota Banjar.

"Penanggulangan kemiskinan tidak hanya satu pihak saja, tetapi berbagai OPD serta stakeholder terkait," ujar Wakil Walikota Banjar sekaligus Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Daerah Kota Banjar H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., seusai memimpin rapat optimalisasi TKPK di Ruang Rapat Gunung Sangkur Gedung Setda Kota Banjar, Jalan Siliwangi KM.3, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

Menurut H. Nana Suryana, angka kemiskinan di Kota Banjar sebelum dan saat pandemi mengalami peningkatan. Dimana pada tahun 2019 angka kemiskinan diangka 5,5 persen dan pada Tahun 2020 naik 0,7 persen menjadi 6,2 persen.

Pada tahun kedua pandemi, tepatnya 2021 kembali naik menjadi 7,11 persen. Namun di tahun 2022 ini mengalami penurunan diangka 6,7 persen.

"Mudah-mudahan tahun depan turun lagi sehingga kita standar angka kemiskinan kembali ke sebelum Covid-19," kata H. Nana Suryana.

Wakil Walikota Banjar ini juga kembali mengingatkan bahwa target pemerintah yakni bagaimana menurunkan angka kemiskinan di Kota Banjar. Bagaimana juga meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk menaikan pendapatan di Kota Banjar./Tema