Setiap Awal Tahun Bank Kuningan Lakukan Sosialisasi RBB Guna Peningkatan Target

Kepala Bagian Umum Bank Kuningan, Ulan (dok foto : Iwan)

KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Dalam rangka meningkatkan target capaian, Bank Kuningan dalam setiap tahunnya lakukan pembinaan kepada seluruh pegawai Perumda BPR Kuningan dengan melakukan Sosialisasi Rencana Bisnis Bank (RBB).

"semua pegawai harus tahu RBB (Rencana Bisnis Bank.red) dan kegiatan sosialisasi RBB tersebut biasa dilakukan satu tahun sekali," ungkap Kepala Bagian Umum Bank Kuningan, Ulan SE saat ditemui di ruang kerjanya Rabu, 4 Januari 2023

Ia pun menuturkan, bahwa yang menjadi target sasarannya adalah seluruh pegawai, yang mana para pegawai tersebut nantinya diberikan pembinaan, sehingga dalam sosialisasi RBB tersebut diharapkan para pegawai bank Kuningan dalam melakukan perencanaan perekonomiannya itu bisa dilakukan secara matang dan tepat sasaran.

Tidak hanya itu, BPR dalam hal ini Bank Kuningan wajib menyusun Rencana Bisnis Bank (RBB) setiap tahun secara realistis, terukur dan dapat dicapai. Dengan demikian maka dalam penyusunan RBB harus mempertimbangkan faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi kelangsungan usaha BPR, sebagaimana prinsip kehati-hatian dan asas perbankan yang sehat.

Selain itu RBB harus mencerminkan arah dan kebijakan pengembangan BPR dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yaitu sesuai dengan visi dan misi.

Setelah selesai penyusunan RBB, kata Ulan, BPR wajib menyampaikan nya kepada OJK. Dan Direksi wajib menyampaikan penjelasan RBB kepada Kuasa Pemilik Modal (KPM) yang mana Bank Kuningan adalah Perumda milik pemda maka sebagai KPM adalah bupati. Ungkapnya

Disampaikannya pula, Penyampaian penjelasan kepada KPM tersebut dengan tujuan untuk menjadi perhatian bagi KPM mengenai hal yang memerlukan dukungan dari Kuasa Pemilik Modal serta Direksi wajib menyampaikan penjelasan RBB kepada seluruh jenjang organisasi (seluruh pegawai Bank Kuningan) dengan tujuan agar kebijakan dan pelaksanaan RBB sejalan dengan visi dan misi.

"Oleh sebab itu 1 kali dalam setahun kami menyelenggarakan sosialisasi kepada seluruh pegawai". Kata Ulan

Dalam penyusunan RBB itu sendiri lanjutnya, diantaranya meliputi ; Menetapkan target jangka pendek dan jangka menengah, rencana penghimpunan dana dan penyaluran dana, rencana pengembangan Teknologi dan Informasi (TI) serta pengembangan sumber daya manusia.

"Kedepan dengan adanya kegiatan sosialisasi RBB yang setiap tahunnya kita laksanakan diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni sehingga dari apa yang direncanakan bisnis bank tersebut bisa berjalan sesuai target pencapaian". Harap Ulan SE yang juga mempunyai gelar CRBC sebagaimana dirinya telah dinyatakan lulus dan kompeten pada tanggal 21 Desember 2022 dalam mengikuti sertifikat tingkat komisaris yang diselenggarakan oleh LSP CERTIF.

Untuk diketahui di tahun 2022 Bank Kuningan telah melakukan pencapaian target sesuai dengan target yang dicapai. Bahkan setoran PAD selalu melampaui atau setoran deviden dari Bank Kuningan ke Pemda selalu ada peningkatan dalam setiap tahunnya.

(Iwan)