Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya-2023


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Kapolres Banjar, AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H.,S.I.K.,M.M., dengan didampingi Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd.,M.H., memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya-2023 Polres Banjar Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1444H Tahun 2023 yang bertempat di Lapangan Apel Polres Banjar, Jalan Siliwangi 145 Kota Banjar, Senin (17/04/2023).

Apel Gelar Pasukan ini dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjar, Komandan Bataliyon 323 Raider Buaya Putih, Waka Polres Banjar Beserta Jajaran Polres Banjar, DanSubDenpom, Perwakilan Kodim 0613 Ciamis, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjar, Kasatpol PP, serta Kalak BPBD.

Kapolres Banjar dalam Amanatnya mengatakan bahwa Apel Gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan Akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat tahun 2023 serta memperkuat Sinergi antara Polri dengan Forkopimda dalam pelaksanaan pengamanan Mudik tahun 2023. Dijelaskanya, hasil survei pengamanan Mudik tahun 2022, sebanyak 73.8% menyatakan puas akan pengamanan mudik pada tahun tersebut. Hal ini seharusnya menjadi pemacu semangat dalam memberikan pelayanan pengamanan mudik pada tahun 2023.


"Kementrian Perhubungan memprediksi akan ada peningkatan jumlah pemudik dari 85 juta pemudik pada tahun lalu menjadi 123.8 juta pemudik, atau meningkat sekitar 44.80%. Berkaitan dengan hal tersebut, Presiden telah menegaskan bahwa hati-hati akan ada lonjakan besar masyarakat yang akan mudik. Hal ini harus benar-benar dikalkulasikan dengan baik. Untuk itu, Polri berkomitmen untuk mengamankan Mudik tahun 2023 dengan baik dengan melibatkan 147.271 Personel gabungan TNI Polri, BMKG, BNPB, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dishub, serta seluruh Mitra Kamtibmas lain yang ditempatkan di 2.787 pos, yang terdiri dari 1857 pos Pengaman, 713 Pos Pelayanan serta 217 Pos Terpadu."jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjar mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya-2023 Polres Banjar Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1444H Tahun 2023 dengan tema 'Mudik Aman, Berkesan'.

"Saya juga mengucapkan terima kasih atas sinergitas yang terbangun antara Pemerintah Kota Banjar dengan TNI/Polri, Forkopimda serta masyarakat sehingga Kota Banjar menjadi Kota Paling Kondusif di Jawa Barat. " Ujar Wakil Wali Kota.

Namun demikian, Wakil Wali Kota mengingatkan bahwa menjelang hari raya Idul Fitri, akan banyak perbedaan di Kota Banjar, seperti Jumlah jumlah penduduk yang keluar masuk ke Kota Banjar, serta jumlah kendaraan yang ada di Kota Banjar. Fluktuasi ini, menurut Wakil Wali Kota harus mampu diantisipasi oleh kita semua, diantaranya banyakanya rumah-rumah kosong serta perbedaan karakter orang-orang yang baru masuk ke Kota Banjar.

"Hal ini memerlukan konsentrasi yang lebih untuk menjaga kondusifitas serta kamtibmas yang ada di Kota Banjar. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh satu instasi semata, namun harus dilakukan secara bersama-sama. " Tegas wakil Wali Kota.

Wakil Wali Kota Juga menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa serta Lurah untuk memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kemanan dan ketertiban dilingkungan masing-masing. Selain itu juga Wakil Wali Kota mengingatkan untuk saling menjaga keamanan, terutama karena banyaknya rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh pemiliknya untuk mudik.

"Selamat bertugas, mari bertugas sesuai dengan proporsi dan tugas masing-masing. " Pungkas Wakil Wali Kota.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyematan Pita kepada Perwakilan Pasukan yang bertugas pada Operasi Ketupat Lodaya-2023 Polres Banjar Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1444H Tahun 2023./Tema