320 Personil Polisi RW Dilaunching dan Siap Laksanakan Tugas


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,-
Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si. bersama Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian, S.I.K., S.H., beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Kuningan menghadiri Apel Launching Polisi RW (Rukun Warga) yang diselengarakan terpusat secara virtual se-Polda Jabar. Untuk Kabupaten Kuningan menugaskan sebanyak 320 personil Polisi RW. Digelar di Halaman Polres Kuningan, Senin (15/05/2023).

Kegiatan Launching Polisi RW terpusat ini dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, ST., MUD., didampingi oleh Kapolda Jabar Irjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M. dan Kasdam III Siliwangi Brigadir Jenderal TNI Agus Saepul, S.Sos., M.M., beserta seluruh jajaran Polda dilakukan secara simbolis dengan penekanan tombol sirine dan diikuti pemukulan gong oleh Wakil Bupati, Kapolres berseta Forkopimda Kabupaten Kuningan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan Launching Polisi RW di wilayah Jawa Barat ini dalam rangka meningkatkan pelayan kepolisian dimasyarakat dimana kegiatan akan menjadi contoh bagi Polri di wilayah lain. Di Jawa Barat, Polda Jabar menugaskan 70.000 personil bertugas sebagai Polisi RW. Mereka bertugas membina keamanan dan ketertiban di tingkat RW, berkolaborasi dengan masyarakat. Tuturnya

Gubernur optimis, dengan semangat sabilulungan, gotong royong, dan kolaborasi antara masyarakat dengan kepolisian, dapat menciptakan suasana aman dan damai, khususnya menghadapi pemilu 2024. “Dalam Menghadapi pemilu tahun 2024 diharapkan dapat lebih aktif hadir secara transparan dan terbuka dalam menjaga keamanan di wilayah desa di Provinsi Jawa Barat, tutup Gubernur Jawa barat.

Pada kesempatan tersebut seusai apel selesai, Wabup mengapresiasi atas diluncurkannya program Polisi RW ini merupakan program yang bertujuan untuk mendekatkan masyarakat dengan Polri, Adanya komunikasi yang intens untuk menjamin keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Polisi RW hadir menjadi fasilitator untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Baik itu masalah dugaan kriminalitas, gangguan lingkungan masyarakat, permasalahan antar tetangga yang bisa diselesaikan secara musyawarah mufakat antara masyarakat dengan masyarakat lainnya.

Program ini sangat mendukung dengan besarnya jumlah penduduk dan luasnya wilayah di Kabupaten Kuningan, dengan program Polisi RW ini semua permasalahan bisa terdeteksi lebih awal. “RW ini kan dari pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, pastikan koordinasinya dengan mereka. Apalagi menjelang event besar yaitu pemilu 2024, semoga dengan program ini akan tercipta pemilu yang aman dan damai.” Pungkas Wabup Ridho./Ris-Wan