Lomba Bertutur Tingkat SD/MI Se-Kota Banjar, Ade Uu Berikan Penghargaan Kepada Pea Pemenang


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., Membuka Kegiatan Pemberian Penghargaan Gerakan Budaya Gemar Membaca melalui Lomba Bertutur Tingkat SD/MI Se-Kota Banjar tahun 2023 yang bertempat di Ruang Auditorium Widya Pustaka Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Banjar, Senin (15/05/2023).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Banjar melaporkan bahwa, kegiatan ini telah digelar mulai tanggal 08 Mei sampai Tanggal 15 Mei 2023. Menurutnya, kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional.

"Kegiatan ini bertujuan agar setiap akan mampu membaca serta mampu mengimplementasikan melalui bertutur. Lomba ini diikuti oleh 93 peserta dan setelah empat hari tahapan penilaian meloloskan 12 peserta untuk berlomba pada grand final hari ini. Setiap peserta akan membawakan empat cerita lokal, yaitu, Banteng Loreng dari Desa cibeureum, Pulo Majeti, Sejarah Banjar Patroman serta Singa Perbangsa. Dalam kesempatan ini juga akan dilakukan penyerahan penghargaan Lomba Vlog dengan tema Literasi serta lomba sajak Sunda. "Jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjar dalam arahanya mengatakan bahwa Literasi merupakan domain utama dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Literasi didapat dari berbagai macam media, seperti buku dan gadget. Namun, khusunya dalam penggunaan gadget, setiap anak harus diberikan pendampingan serta filter khusunya dalam menyaring informasi dari media sosial.

"Kualitas suatu bangsa dapat dilihat dari beberapa indikator, salah satu indikatornya adalah tingkat minat baca. Selain itu juga yang tidak kalah pentingnya, setiap anak dibimbing untuk gemar menulis, karena menulis sangat bermanfaat seperti dapat meningkatkan kecerdasan anak, dapat menjadi media berkomunikasi dan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak-anak."jelas Wali Kota.

Wali Kota berharap, kegiatan ini menjadi agenda rutin bagi anak-anak Kota Banjar sehingga dapat menjadi inspirasi anak-anak Kota Banjar guna meningkatkan minat dan kemampuan anak pada dalam berliterasi.

"Saya juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada para penggiat Literasi yang telah membantu Pemerintah dalam meningkatkan minat dan budaya baca dan budaya literasi di Kota Banjar. " Pungkas Wali Kota./Tema