Dinas Sosial Kuningan Sosialisasikan Bantuan Langsung Tunai BDHCHT Bagi Petani, Buruh Tani dan Pengrajin Tembakau


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Sosial Kabupaten Kuningan sosialisasikan Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau ( BLT DBHTCHT) kepada 420 petani tembakau, buruh tani tembakau dan pengrajin tembakau tahun 2023 di aula gedung serbaguna Desa Karanganyar Kecamatan Darma, Selasa (23/5/2023).

Nampak terlihat para petani, butuh tani dan pengrajin tembakau hadir memadati gedung serbaguna tersebut guna mengetahui proses sosialisasi BLT DBHTCHT tersebut.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Dr Deni Hamdani, Kepala Bidang (Kabid) Linjamsos, Diki Muspala Sidik, Kabag Perekonomian Setda Kuningan, Pimpinan Bank BJB Cabang Kuningan, Para Camat wilayah pertanian tembakau, pihak Kejaksaan Kuningan, APTI Kab.Kuningan, Para Kepala Desa.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, Dr Deni Hamdani, dalam sambutannya mengatakan, Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Kuningan mendapatkan alokasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHTCHT), hal tersebut berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Nomor 215/PMK.07/2021 tentang penggunaan, pemantauan dan evaluasi DBHTCHT, penggunaan DBHCHT yang dialokasikan pada bidang kesejahteraan masyarakat, bidang hukum, dan bidang kesehatan.

Alokasi DBHCHT Pada Bidang Kesejahteraan Masyarakat salahsatunya berupa pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bai Petani, butuh tani dan pengrajin tembakau yang ditetapkan pemerintah daerah. Ucap Kadinsos


"Kepada penerima manfaat BLT saya berpesan pergunakanlah bantuan tersebut secara optimal dan untuk pengembangan usaha di bidang pertanian tembakau sehingga bisa lebih meningkatkan tarap hidup dan perekonomian keluarga", pesannya

Anggaran DBHTCHT pada Bidang Kesejahteraan ini ada di Dinas Sosial Kuningan, jumlah dana BLT DBHTCHT sebesar Rp1.680.000.000 dan itu akan di salurkan bantuan langsung tunai kepada 420 Kelompok Penerima Manfaat.

"Jadi sebagaimana harapannya kedepan ekonomi para petani bisa meningkat, karena sekarang udah jaman kolaborasi, kita jangan mati gaya harus keluar dari gaya mati menjadi gaya hidup", ujarnya

Sementara dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Linjamsos, Diki Muspala Sidik, "untuk pembagian dana BLT DBHTCHT rencananya akan disalurkan melalui bank BJB wilayah masing-masing, dan itu akan dilakukan di beberapa hari kedepan, ada beberapa titik lokasi penyaluran yang sebagaiman telah ditemukan", insyaallah nanti kita kabari saat pelaksanaan penyaluran dana BLT tersebut, karena ini sebagai bukti transparansi kepada khalayak, pungkasnya. (Angga-Idos)