Merajut Kebersamaan Pekerja dan Buruh di Hari Yang Fitri


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wakil Wali Kota Banjar H.Nana Suryana,S.Pd,M.H menghadiri kegiatan Diskusi bersama antara Pengusaha dan Buruh.

Di mana kegiatan Diskusi tersebut masih dalam rangkaian memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Selasa (09/05/2023).

Menurut Wakil Wali Kota Banjar kegiatan diskusi kali ini dengan tema yang sangat luar biasa yaitu ' Merajut Kebersamaan Pekerja dan Buruh di Hari Yang Fitri'.

Pada dasarnya dalam kegiatan ini bisa meningkatkan pentingnya untuk membangun kembali hubungan industrial antara pemberi kerja dan pencari kerja sebagai mitra.


" Sebagai Mitra harus ada saling dorong. Ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.

Namun di sini selalu terjadi permasalahan, di mana Buruh merasa terlalu rendah dan Pengusaha merasa keberatan ketika menaikan upah.

Namun sekali lagi, kalau produktifitas Buruhnya hebat, skill dan pengetahuan serta berdaya saing yang hebat, perusahaan pasti maju. Dan ini tugas Pemerintah, dalam hal ini Disnaker bagaimana melatih pekerja kita untuk mempunyai apa yang telah saya katakan tadi, " papar Wakil Wali Kota.

Problematika yang menjadi permasalahan di Kota Banjar adalah iklim investasi yang kurang baik.

Menurut Wakil Wali Kota, untuk menarik investor ke Kota Banjar harus ada kepastian hukum Terkait RT/RW nya.

"Ada Kekecewaan dimana ada RT-RW yang belum selesai sampai saat ini. Padahal investor yang datang sudah ada beberapa, dan selalu menanyakan kepastian hukum yaitu RT/RW nya. Kalau ini sudah jelas, investor masuk, maka serapan tenaga kerja akan timbul. Sehingga yang tadinya pendapatan Rp 0 bisa menjadi Rp.2 juta kurang dan ini akan mendokrak IPM, " pungkasnya.tema