Dilaksanakan Serentak, Polres Banjar Menanam Pohon Guna Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) serentak diseluruh Indonesia melaksanakan penanaman pohon dalam rangka lestarikan negeri penghijauan sejak dini. Kegiatan ini serentak dilaksanakan, tak terkecuali di jajaran Polres Banjar Polda Jawa Barat. Penanaman pohon ini menyebar di wilayah Kota Banjar Jawa Barat.

Secara simbolis, Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo SH SIK MM bersama unsur Forkopimda Kota Banjar melaksanakan penanaman pohon dikawasan Lahan Perhutani Lingkungan Siluman, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023).

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo SH SIK MM menyampaikan, ini merupakan program pimpinan dalam hal ini Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk menghijaukan kembali alam sekitar. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Sebanyak 21 Juta pohon ditanam di seluruh daerah Indonesia.

"Di Banjar, kita 1.700 pohon ditanam di seputaran Kota Banjar. Berbagai macam jenis baik itu tanaman diberikan untuk warga seperti buah-buahan ataupun tanaman kayu," kata AKBP Bayu Catur Prabowo.

Kapolres Banjar berharap iklim di Indonesia ini perlu adanya suatu pembenaran. Mengingat banyaknya pembangunan berdampak juga terhadap pohon-pohon yang ada disekitar pembangunan. Sehingga diharapkan keberadaan pohon tetap terus bertambah meskipun terjadi pembangunan.

"Harapannya pohon tetap di tambah, walaupun ada penebangan pohon ditempat lain. Salah satu perbaikan udara dan kita mengenal bahwa pohon menyerap C02 dan kita ketahui bahwa kurang baik. Saya harapkan di Kota Banjar ini dengan adanya penanaman pohon kualitas udara tetap terjaga," kata AKBP Bayu Catur Prabowo.

Kapolres Banjar berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga lingkungannya tetap asri dan sejuk. Kalau ada penambahan lahan lingkungan agar dapat diminimalisasi dengan tidak melakukan pembakaran. "Kita sangat berharap bahwa lingkungan terus kita jaga untuk keberlangsungan generasi selanjutnya," katanya.

Sementara itu, kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran Kepolisian terutama Polres Banjar ini mendapat antusias yang baik dari berbagai pihak. Salah satunya BKPH Banjar Utara Suryaman mengapresiasi kegiatan penanaman Kapolres Banjar beserta jajaran dan unsur Forkopimda Kota Banjar. Ini selaras dengan program pemerintah yakni ketahanan pangan.

"Kegiatan penanaman ini salah satunya buah buahan selaras dengan program pemerintah dalam ketahanan pangan. Perhutani dalam rangka perkembangan kemitraan dengan masyarakat. Penanaman dibawah tegakan. Kita mendukung acara yang dilaksanakan oleh Polres Banjar," kata Suryaman.

Suryanan turut mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan dalam membuang barang-barang yang mudah terbakar di kawasan perhutani. Mengingat kondisi saat ini memasuki puncak musim kemarau dan itu perlu diantisipasi agar tidak terjadi kebakaran hutan.

"Sekarang musim kemarau diimbau untuk melakukan penjagaan terutama menghindari barang-barang yang mudah terbakar di kawasan hutan. Terutama puntung rokok terutama di wilayah Banjar Utara ini dilewati oleh jalan jalan umum dan itu rawan kebakaran. Jadi upaya kita melakukan sosialisasi terhadap masyarakat sekitar hutan," tuturnya.tm