Polres bersama 700 Masyarakat Kota Banjar Meriahkan Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih di Tasikmalaya


TASIKMALAYA | JABARCENNA.COM,- Ribuan Peserta Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih tumpah ruah di Kota Tasikmalaya, peserta membawa bendera merah putih sepanjang 500 meter tepatnya di Jalan Yudanagara Kota Tasikmalaya. Dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Jumat (25/8/2023).

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo,S.H.,S.I.K.,M.M. pimpin langsung personel dan peserta dari masyarakat kota Banjar yang turut meriahkan Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih.

Kurang lebih 700 peserta dari Kota Banjar yang mengikuti kegiatan tersebut di antaranya, Personel Polres Banjar, Yonif Raider 323/BP, BPBD, Dishub, Sat Pol PP, Ormas, tokoh agama.

Serta Paskibraka, Drum Band, Siswa-siswi dan santri-santriwati, pencak silat, OKP, hadroh, kuda lumping, jurig sarengseng, OKP, serta masyarakat kota Banjar lainnya.

Dalam kirab ini, peserta membawa berbagai atribut yang menunjukkan kecintaannya kepada Tanah Air, seperti bendera merah putih, menyusuri Jalan HZ Mustofa hingga berakhir di Kompleks Olahraga Dadaha.

Peserta kirab merah putih kebangsaan se-Priangan timur dilepas oleh Habib Lutfi bin Yahya dan Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K.,M.Si. di depan salah satu hotel di Jalan Yudanagara Kota Tasikmalaya.

Peserta mulai dari Paskibraka Komunitas seni, Budayawan, Organisasi masyarakat, Marcing band, TNI dan Kepolisian se Priangan Timur

Habib Lutfi bin Yahya dalam sambutannya menyampaikan, kirab merah putih ini bukan sekadar ramai-ramai, tapi ada hal-hal yang harus diketahui oleh seluruh bangsa Indonesia yaitu jati diri bangsa, kehormatan bangsa, dan jati diri bangsa.

"Bahkan kirab merah putih kebangsaan ini tidak ada unsur politik, tapi kita harus mengingatkan kembali, karena di dalam kirab merah putih harus kita ketahui seperti harga diri bangsa, kehormatan bangsa, dan jati diri bangsa,” ujar Habib Luthfi.

Pantauan di lokasi Habib Lutfi bin Yahya, Kapolda Jabar, Pangdam III/Siliwangi, dan Kemenang menaiki Kereta Kuda layaknya kraton dengan kawalan ketat dari TNI, Kepolisian Gabungan se-Priangan Timur.

Sebelum melepas kirab merah putih kebangsaan panitia penyelenggara kegiatan membuka undian UMKM Komplek Dadaha dan pemenangnya sebanyak 6 Umroh Haji dimenangkan oleh Erna Kristiana dengan dengan nomor seri undian 0345, Lalu AXL Faldian dengan nomor seri undian 3652.

Kemudian Ike Krisyati dengan nomor seri undian 2225, Selanjutnya Meti Ajeung dengan nomor seri undian 0184 dan Iis Reni dengan nomor seri undian 1275 serta Obay Sobari dengan nomor seri undian 362.

Diketahui kegiatan tersebut dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77, kegiatan tersebut atas inisiasi Habib Lufti bin Yahya, bahwa kegiatan tersebut sebagai hadiah untuk Polri yang sedang berulang tahun ke-77.

Terkait hal tersebut Kapolres Banjar mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan seluruh elemen masyarakat kota Banjar yang terlibat dalam kegiatan Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih.

"Selain itu, Kami ucapkan terima kasih kepada Habib Lufti bin Yahya atas inisiasinya menyelenggarakan acara luar biasa ini untuk Kami dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77." Ucapnya./Tm