Walikota Banjar Expose Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2023


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., melakukan Expose Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2023 yang bertempat di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar, Senin (31/07).

Kota Banjar menjadi Perwakilan Provinsi Jawa Barat dalam kegiatan Lomba Kota Sehat Tingkat Nasional tahun 2023 untuk meraih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara.

Ditemui setelah Kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, dr. H. Andi Bastian, M.M., menjelaskan bahwa Verifikasi lanjutan ini dilakukan dengan menilai sembilan tatanan Penilaian, yaitu Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Permukiman dan Fasilitas Umum, Pendidikan, Pasar, Pariwisata, Transfortasi dan Tertib Lalulintas Jalan, Perkantoran dan Perindustrian Perlindungan Sosial serta Penanganan dan Pencegahan Bencana.

"Nilai Indikator dari sembilan tatanan tersebut, harus diatas 91%. Untuk hasil Self Assesment Kota Mencapai 94.26% sementara untuk hasil aself Assesment Provinsi mencapai 95.01%. Hari ini kita diminta untuk melengkapi data- data dalam 2X24 jam kedepan. Semoga Kota Banjar mampu melewati Penilaian ini dan dapat meraih predikat Kota Sehat Swasti Saba Wistara."Jelasnya.

Sementara Itu, Wali Kota Banjar dalam paparanya mengatakan bahwa Kota Banjar sebelumnya telah meraih penghargaan Kota Sehat, pada tahun 2011 Kota Banjar meraih penghargaan Kota Sehat Padapa, pada 2013 dan 2015 meraih Kota Sehat Wewerda serta pada tahun 2019 telah meraih predikat Kota Sehat Wistara.

"Indeks Pembangunan Manusia Kota Banjar Tahun 2022 sebesar 72.55, dimana nilai Usia harapan Hidup di Kota Banjar selama 71.49 tahun, rata-rata lama sekolah 8.78 tahun serta harapan lama sekolah 13.25 tahun dengan pengeluaran perkapita pertahun Rp. 10.967.000 serta pertumbuhan IPM Kota Banjar berada pada 0.63%. Saya juga mengakui masih banyak tantangan dan hambatan, namun demikian, Kota Banjar terus berkomitmen untuk menjadikan Banjar Kota Sehat Swasti Saba Wistara."jelasnya./TM