Pemkot Banjar Raih Penghargaan Dari Kemendagri


JAKARTA | JABARCENNA.COM,- Prestasi tiada henti diraih Pemerintah Kota Banjar di penghujung Masa Kepemimpinan Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., bersama H. Nana Suryana, S. Pd., M. H.

Hari ini, Pemerintah Kota Banjar meraih penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri atas Dukungan Pemerintah Kota Banjar dalam Pelaksanaan Pembangian 10 Juta Bendera Merah Putih dalam Rangka Menyemarakan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023.

Piagam serta Palakat Penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, S.H., M.H. yang diterima secara langsung oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., bertempat di Sasana Bhakti Praja Gedung C Lantai 3 Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat, Jumat (08/09).

Penghargaan tersebut sangat membanggakan, mengingat Kota Banjar menjadi satu-satunya Pemerintah Kota Di Jawa Barat yang menerima penghargaan tersebut bersama 18 Pemerintah pemerintah daerah lain Se-Indonesia.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjar, Dedi Suryadi, S. STP., M. Si., menuturkan, Kota Banjar meraih penghargaan sebagai Kota yang mendukung Gerakan Pembagian 10 juta Bendera merah putih tahun 2023. Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih tingkat Kota Banjar tahun 2023 digelar di Taman Kota Lapang Bhakti Kota Banjar pada Jumat (28/07).

"Kota Banjar dianggap sukses melaksanakan Kegiatan yang dilaunching oleh Wali Kota Banjar tersebut. Gelaran pembagian 10 juta bendera ini dirangkaikan dengan berbagai kegiatan pendukung, seperti Bazaar UMKM Kota Banjar serta Pentas Seni budaya serta melibatkan masyarakat dan pelajar sehingga sangat meriah dan sempat viral di media sosial dengan pembentangan kain merah putih raksasa ukuran 18X12 meter. "Ujarnya.

Dalam sambutanya, Wakil Menteri Dalam Negeri mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah bekerja keras melaupaui target serta sebagai bentuk ucapan terima kasih atas partisipasi Pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan Pembangian 10 Juta Bendera Merah Putih guna Menyemarakan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pembagian 10 juta bendera juga merupakan sebuah terobosan baru untuk meningkatkan kecintaan warga, terutama generasi muda, terhadap simbol negara yaitu bendera. Kegiatan ini juga bukan hanya sebuah seremonial semata, namun dilakukan dengan aksi nyata mengibarkan bendera merah putih, sebagai alat pemersatu bangsa. Kibarkan bendera merah putih dilangit Indonesia agar dunia tau kita bangsa kuat dan bersatu. "Ucap Wamen.

Ditemui selepas menerima penghargaan, Wali Kota Banjar mengaku bangga dengan diraihnya penghargaan tersebut. Menurutnya penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama dan sinergi yang telah dilakukan dalam Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Kota Banjar.

"Saya bersyukur sinergi dan kerjasama kita diapresiasi oleh Kementrian Dalam Negeri. Dari 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi di Indonesia, hanya 19 daerah saja yang menerima penghargaan ini. Semoga penghargaan ini menjadi salahsatu indikator meningkatnya rasa nasionalisme serta cinta tanah air di kalangan generasi muda khususnya di Kota Banjar. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pelaksana kegiatan, TNI/Polri, pelajar serta masyarakat yang telah berpartisipasi aktif mensukseskan gelaran Pembagian 10 juta bendera tingkat Kota Banjar tahun 2023."ucap Wali Kota.

Ada 19 penerima penghargaan di antaranya Gubernur Bengkulu, Gubernur Jambi, Gubernur Jawa Timur, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Pj Gubernur Papua Barat Daya, Bupati Bulukumba, Bupati Kabupaten Karo, Bupati Kabupaten Belu, Bupati Kabupaten Natuna.

Kemudian Bupati Kabupaten Purbalingga, Bupati Kabupaten Maluku Tenggara, Pj Bupati Buol, Pj Kabupaten Kepulauan Yapen, Pj Kabupaten Mappi, Wali Kota Semarang, Wali Kota Banjar, Wali Kota Tangerang, Pj Wali Kota Pekanbaru, serta Pj Wali Kota Lhokseumawe./tm