Penjualan Beras di Banjar Alami Kenaikan Harga, Walikota Sidak Kelapangan


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Harga beras di Kota Banjar mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam beberapa hari ini.

Naiknya harga beras yang semula ada di kisaran Rp. 11.000,- menjadikan Rp. 12.500,- diduga diakibatkan musim kemarau dan pasokan dari petani berkurang sedangkan permintaan banyak.

Wali Kota Banjar Ade UU Sukaesih melakukan sidak ke Pasar Tradisional Banjar, untuk mengetahui secara langsung perkembangan beras juga harga barang kebutuhan pokok masyarakat lainnya, Jum'at (01/09/2023).

Dari hasil sidak ke beberapa kios beras dan barang kebutuhan pokok masyarakat tersebut, diketahui hanya beras yang mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

" Harga beras memang mengalami kenaikan, namun untuk stok banyak, bahkan surplus sampai 4 bulan atau sampai bulan Desember, " ucap Wali Kota seusai sidak harga di Pasar Tradisional Banjar.

Untuk mengatasi masalah tersebut ( menekan harga beras) Pemerintah Kota Banjar akan bekerja sama dengan Bulog dengan beras SPHP ( Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dengan harga Rp.10.900, -.

" Namun di bulan September pun, Pemerintah Pusat akan segera menyalurkan bantuan beras untuk Keluarga Penerima Manfaat 10 kg beras selama 3 bulan. Dan ini tentunya sangat membantu sekali bagi warga, " imbuhnya.

Sementara dari hasil Sidak harga, untuk barang kebutuhan pokok masyarakat yang lainnya stabil bahkan cenderung mengalami penurunan harga. Seperti daging ayam broiler yang semula Rp. 36.000,- menjadi Rp. 34.000,- per kilogramnya. Begitu pula dengan telur ayam negeri, dalam dua hari ini turun dari Rp. 30.000,- menjadi Rp. 25.000,- per kilogram.

Seperti disampaikan salah seorang pedagang telur Muhammad Ali Fahmi, bahwa harga telur beberapa pekan lalu berada di harga Rp. 30.000,- namun saat ini turun sampai Rp. 25.000,-.

Menurutnya salah satu penyebab harga telur turun karena saat ini bukan musim hajatan sementara stok telur banyak.

" Bagi kami sih harga segitu cukup stabil, kalau bisa mungkin turun lagi biar pembeli juga makin banyak, " ucapnya.tm