KOMITMEN BERANTAS HALINAR, LAPAS BANJAR SINERGI TNI, POLRI DAN BNN GELAR SIDAK GABUNGAN KAMAR HUNIAN WBP


BANJAR | JABARCENNA.COM, - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjar terus berkomitmen mewujudkan Lapas Zero HALINAR (Handphone, Pungli, Narkoba) dengan berbagai strategi dan langkah progresif, diantaranya rutin melakukan sidak / razia kamar hunian bersama-sama dengan TNI, Polri dan BNNK Ciamis, Jumat (24/11).

Kegiatan diawali dengan apel tim gabungan dilanjutkan pengarahan terkait teknis dan pembagian tugas dalam pelaksanaan penggeledahan kamar hunian dan pelaksanaan tes urine.


Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjar, Amico Balalembang dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI, Polri dan BNNK Ciamis atas bantuannya dalam pelaksanaan razia kamar hunian warga binaan. "Saya ucapkan terimakasih kepada TNI dari Koramil Langensari, Polres Banjar dan Polsek Pataruman dan BNNK Kabupaten Ciamis yang telah menugaskan personelnya untuk membantu pelaksanaan razia kamar hunian dan Tes Urine di Lapas Banjar", ucap Amico.

"Kegiatan ini dilaksanakan mengacu pada Surat Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Nomor W.11-PK.08.06-14421 tanggal 22 November 2023 perihal permintaan laporan kegiatan penggeledahan kamar dan tes urine bagi narapidana, tahanan, dan anak binaan bersama aparat penegak hukum terkait" sambungnya.


Mengakhiri pengarahannya Kalapas berpesan kepada petugas agar mengamankan barang-barang terlarang dengan cara yang humanis, sehingga keamanan dan ketertiban di Lapas Banjar tetap terjaga.

Berdasarkan hasil penggeledahan kamar hunian, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang yang dapat menimbulkan gangguan kamtib yang diantaranya yaitu bilah kayu, pencukur kumis, gunting kuku, pecahan kaca, sikat gigi bertekstur keras, serta botol kaca. Sedangkan hasil tes urine yang dilakukan tim medis Lapas Banjar dan BNNK Kabupaten Ciamis didampingi oleh TNI Polri terhadap 20 orang warga binaan dan 10 pegawai, seluruhnya dinyatakan negatif.tm