Penyaluran BLT El-Nino Disaksikan Langsung PJ Walikota


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si., Melakukan Monitoring Penyaluran Bantuan Langsung Tunai El-Nino Periode November Desember Tingkat Kota Banjar tahun 2023 yang bertempat di Kantor Pos Banjar, Kamis (21/12/2023).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial PPA Kota Banjar, Hani Supartina, AKS., M. Si., mengatakan bahwa Bantuan tersebut berasal dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial yang bagi masyarakat yang terdampak cuaca ekstrim. Untuk Kota Banjar, Kadinsos Kota Banjar menjelaskan bahwa ada 15.616 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) di Kota Banjar yang mendapat bantuan berdasar DTKS Kementrian Sosial.


"Penyaluran bantuan sendiri dilakukan melalui PT Pos dan Himbara, dimana ada 1.144 KPM penyaluranya dilakukan melalui Kantor Pos dan 14.472 melalui Himbara." Ujarnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Banjar menuturkan bahwa pada Tahun 2023 terjadi dampak fenomena alam El Nino di beberapa wilayah di Indonesia. Dijelaskanya, Peningkatan suhu laut di Samudra Pasifik telah memicu perubahan pola cuaca yang signifikan, memberikan dampak yang dirasakan oleh masyarakat.

"Untuk membantu masyarakat yang terdampak, pemerintah meluncurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino. Bantuan tersebut, disalurkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang terdampak El Nino. " Ujarnya.


Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Banjar juga mengatakan bahwa setiap KPM akan menerima bantuan sebesar Rp. 400.000; untuk Bulan November dan Desember yang penyaluran nya dilakukan melalui Himbara dan Kantor Pos.

"Penyaluran bantuan El Nino tidak dipungut biaya atau potongan apapun. Saya juga mengapresiasi kerja keras serta sinergi dengan PT Pos Indonesia, dimana selama penyaluran bantuan sosial, PT Pos Indonesia selalu menyalurkan bantuan kepada KPM yang berada di pelosok daerah. Saya berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi penerima dan dapat digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan bapak dan Ibu. "Ujar Pj. Wali Kota.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kota Banjar serta Executive Manager PT Pos Cabang Banjar.tm