Pj Wali Kota Hj Ida Wahidah Ingatkan KPPS


BANJAR | JABARCENNA.COM, - Penjabat Wali Kota Banjar Dr Hj Ida Wahida Hidayati SE, SH, MSi memberikan motivasi kepada para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Banjar. Motivasi ini disampaikan saat acara Bimbingan Teknis (Bimtek) KPPS KPU Kota Banjar di Gedung Graha Banjar Idaman (GBI), Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).

Saat itu, Pj Wali Kota Banjar turut hadir bersama Kapolres Banjar AKBP Dannya Yulianto SH, SIK, MCJC, MH, dan sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota Banjar. Kehadirannya disambut oleh para Komisioner KPU Kota Banhar serta ratusan anggota KPPS di wilayah Kecamatan Banjar.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Banjar Hj Ida Wahida Hidayati menyampaikan sejumlah motivasi dan pesan-pesan kepada anggota KPPS. Salah satunya untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap bersikap jujur.

"Pesan ibu jaga kesehatan. Jangan kurang tidur dan makan makanan yang sehat. Terpenting jujur," kata Hj Ida Wahida Hidayati sebelum meninggalkan lokasi kegiatan.

Tak hanya itu, Hj Ida Wahida Hidayati turut berpesan kepada para anggota KPPS agar dengan ikhlas menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Anggota KPPS. Terutama saat hari pencoblosan di masing-masing TPS yang telah ditentukan.

"Kerja ikhlas, kerja cerdas. KPPS ini tugasnya kan 5 tahun sekali. Jadi manfaatkan kepercayaan masyarakat pada petugas KPPS pada penyelenggaraan pemungutan suara di TPS," kata Hj Ida Wahida Hidayati.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak hari ini melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Tak terkecuali untuk di wilayah KPU Kota Banjar Jawa Barat. Dimana mulai hari ini, seluruh KPPS diberikan pembekalan ataupun pemahaman terkait tugas dan fungsi KPPS yang akan bertugas di setiap TPS saat hari pencoblosan.

"Hari ini KPU Kota Banjar secara serentak mulai memberikan Bimtek bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang baru saja dilantik kemarin," ujar Komisioner KPU Kota Banjar Periode 2023-2028 Divisi Teknis Penyelenggaraan Joko Nurhidayat saat ditemui seusai membuka acara Bimtek KPPS di Gedung Banjar Convention Hall (BCH) Komplek Perkatoran Pamongkoran, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024).

Joko menjelaskan, hari ini KPU Kota Banjar secara serentak melaksanakan bimtek untuk seluruh anggota KPPS yang baru saja dilantik. Bimtek ini dilaksanakan secara bertahap selama tiga hari dan digelar di tiga titik. Pertama di Gedung BCH, Gedung Graha Banjar Idaman (GBI) Mekarsari, dan Aula Somahna Bagja Di Buana Komplek Sekretariat Daerah Kota Banjar serta Basket Indoor Gelora Banjar Patroman Langensari.

"Total ada 4.277 KPPS yang kami lantik untuk bertugas di 611 TPS yang tersebar di empat kecamatan Kota Banjar. Mereka akan dibagi kelompok yang mana setiap kelompok berisikan 7 orang KPPS. Waktu tugas mereka yaitu saat hari pencoblosan Pemilu 2024," kata Joko.

Joko menjelaskan ada yang berbeda dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Dulu hanya memberikan bimbingan teknis atau Bimtek KPPS kepada satu anggota di setiap TPS.

Pemilu 2024, seluruh anggota KPPS sebanyak tujuh orang tiap TPS mendapat bimtek dari KPU. Tujuannya, lanjut dia, untuk meningkatkan kualitas kelayakan kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS.

"Kalau tujuh orang ini dilatih, maka juga ada kesempatan bagi tujuh orang ini saling mengingatkan pemahaman dan kemampuan teknis dalam penyelenggaraan pemungutan, penghitungan suara di TPS," kata Joko.

Joko menambahkan, setiap anggota KPPS dalam Bimtek diberikan pemahaman terkait tugas fungsi dan perannya saat hari pencoblosan di TPS masing-masing. Salah satu yang ditekankan adalah untuk selalu mengawasi kota suara terutama saat pemilih hendak memasukan surat suara agar sesuai dengan kotak suara yang telah ditentukan.

"Kami juga tak henti-hentinya selalu mengingatkan kepada masyarakat terutama para pemilih agar datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024. Salurkan hak pilih anda, karena itu penting dan menentukan pemimpin bangsa Indonesia kedepan," kata Joko.tm