Ridwan Kamil Puji Rakyat Jabar, Namun Sesalkan Kampanye Hitam


JABARCENNA.COM, Bandung - Calon Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memuji kedewasaan rakyat Jabar dalam Pilkada Serentak 2018 yang baru lalu.

Pilkada di Jabar menurutnya berlangsung kondusif, aman, lancar, dan tidak ada terjadi konflik di masyrakat. "ini sangat inspiratif, mudah-mudahan pilkada di Jabar dapat ditiru oleh daerah-daerah lain," kata Ridwan Kamil di Rumah Pemenangan Rindu di Jalan Cipaganti, Bandung, Minggu, 1 Julu 2018. 

Namun demikian, Emil, sapaan akrabnya, menyesalkan adanya kampanye hitam (black campaign) terhadap dirinya jelang coblosan. "Saya dikatakan pro LGBT, Syiah, dan tidak perduli dengan isu Palestina," ucapnya menyesalkan. 

Emil pun berharap hal serupa tidak terjadi pada pemilu-pemilu mendatang. Ridwan yang berpadangan dengan Uu Ruzhanul Ulum, oleh lembaga-lembaga survei dinyatakan sebagai pemenang pilgub versi hitung cepat dengan perolehan suara ei kisaran 32 persen. 

Bersaing terdekatnya, paslon Asyik (Sudrajat-Syaikhu) dengan perolehan sekutar 29 persen. 

Namun kubu Asyik menolak hasil hitung cepat tersebut, dan sebaliknya mengklaim pihaknya sebagai pemenang pilgub. 

Sedangkan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mendapat 25 persen suara, dan terakhir pasangan TB Hasanudin-Anton Charliyan meraup sekitar 12 persen suara.

.tn/why