Hotel Aurora Cirebon Nyaris Ludes Dilalap Si Jago Merah


JabarCeNNa.com, Cirebon -  Hotel Aurora, di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, nyaris ludes dilalap si jago merah, Sabtu, 1 September 2018.

Sebanyak 21 kamar yang berada di lantai dua hotel itu ludes tak tersisa. Namun demikian, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Para tamu hotel berhamburan keluar kamar dan berhasil menyelamatkan diri.

Kebakaran diduga karena terjadi arus hubungan pendek, dan  api diketahui berasal dari kamar 128 yang berada di lantai dua.

"Api diketahui menyala kira-kira pada pukul 14.50, dan api berasal dari kamar nomor 128 yang berada di bagian belakang lantai dua," kata Abdullah, seorang resipsionis hotel Aurora di lokasi kejadian.

Api dengan cepat membesar, karena banyak material yang mudah terbakar, dan hanya dalam waktu 30 menit api meluluhlantakan semua kamar yang berada di lantai dua.  

Sebanyak 10 unit Mobil Pemadam Kebakaran  (Damkar) berhasil menjinakan api, dan pada pukul 16.30 api berhasil dipadamkan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon, Adam Nurdin mengatakan, kemungkinan penyebab kebakaran adalah terjadinya korsleting di salah satu kamar di lantai dua, asal mula api menyala.

"Itu awalnya dari belakang hotel Aurora Baru yang dekat dengan hotel Permata Zamrud," kata Adam.

Menurutnya, jika bagian belakang hotel Aurora tidak cepat disemprot, maka api juga akan melalap hotel Zamrud yang berada di sebelahnya.

Adam pun mengimbau, agar masyarakat menggunakan kabel listrik yang sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia). Sebab, seringkali kebakaran terjadi berawal dari arus pendek pada kabel gepeng (non SNI)

"Kabel-kabel listrik itu harus yang SNI, yang bulat, jangan yang gepeng. Kalau gepeng harus segera diganti, karena besar kemungkinan terjadinya hubungan arus pendek," tegasnya.

Aparat Kepolisian dan TNI turut membantu mengamankan lokasi kebakaran dan mengatur arus Lalu Lintas.


Jamal/tn