KPU Banjar gelar Road To Campus

JabarCeNNa.com, Banjar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar Jawa Barat Sosialisasikan Pemilihan Umum Tahun 2019 kepada para pemilih pemula terutama kepada para pelajar dan mahasiswa. 

Sosialisasi dilaksanakan di dua kampus yang berbeda yakni sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula di SMK dan SMA Bina Putra Banjar, dan juga sosialisasi di kampus STIKes BP Banjar, Jum'at 01 Maret 2019.


Kegiatan sosialisasi diikuti oleh seluruh jurusan yang ada di STIKes BP Banjar dengan membawa tema "Peran aktif mahasiswa langkah nyata sukseskan pemilu 2019" bersama STIKes BP Banjar.

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis mengatakan, Sosialisasi Pemilihan Umum Tahun 2019 ini sasarannya adalah Pemilih Pemula diantaranya Sekolah, Kampus dan Pesantren.

"KPU gelar sosialisasi dengan nama KPU Goes To Kampus, dan hari ini kita laksanakan di dua kampus yang berbeda", Ungkapnya 

Danial menambahkan, kegiatan ini adalah kegiatan yang sudah di desain oleh KPU RI, bahwa Pihak KPU harus menyambangi ke pemilih-pemilih pemula goes to kampus dan termasuk di Banjar rencananya ada goesto Pesantren.

"KPU goes to kampus untuk menyambangi kampus-kampus dan sekolah di kota banjar melakukan transformasi informasi dikalangan pemilih pemula tentang Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang", Imbuhnya. 

Dalam sosialisasi itu, Danial juga menyinggun tentang teknis memilih di lokasi RS ( Rumah Sakit). Menurut Danial, pihak KPU sudah menyiapkan formula khusus untuk menangani para pemilih yang ada di RS baik para tenaga media maupun masyarakat yang sedang dirawat. 

"untuk teknis memilih para tenaga medis, Bertugas pada saat pencoblosan di rumah sakit, karena dalam pemilu 2019 Tidak ada TPS khusus, KPU akan menyiapkan Tps mobile. TPS Mobile yakni TPS terdekat dari lokasi RS yang nantinya para petugas akan berkeliling dari kamar ke kamar untuk melayani pemilih", Paparnya

Lebih lanjut Danial menambahkan, dari KPU sendiri rencananya akan ada kunjungan untuk mendata masyarakat yang dirawat dan juga para petugas medis. karena mereka itu masuk dalam DPTB, kami akan memfasilitasi itu", Lanjut Danial. 

Dani berharap dengan kegiatan sosialisasi ini, menyasar seluruh potensi-potensi pemilih baik itu pemilih pemula Perempuan maupun disabilitas. Jadi Grand desain secara umum dari KPU RI tersebut ada tiga kelompok yang harus disasar.

"pertama adalah Perempuan, Pemula dan Sabilitas, dengan sosialisasi seperti ini, Prinsifnya adalah meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemilu Tahun 2019," ucapnya.

Ketua Badan Eksekutiv Mahasiswa STIKes BP Banjar, Agisti raudlatul fitri mengapresiasi kegiatan Road to kampus yang dilaksanakan oleh KPU. Menurutnya, dengan adanya sosialsasi ini, pihaknya bisa lebih memahami tata cara pemilihan. 

"dengan adanya sosialisasi ini, kami bisa lebih mengerti dengan tatacara menjadi pemilih dan memilih", jelasnya

Ia menambahkan, dengan sosialisasi ini, dirinya dengan mahasiswa lainnya sangat terbantu untuk menangkal hal-hal yang kurang baik dan juga bisa melihat lebih jauh bagaimana menjadi pemilih yang cerdas untuk pemilu berkualitas 

"Yang pastinya bisa lebih paham bagai mana menghindari berita hoax dan juga dari trik politik yang gak baik, dan juga kita harus menjadi Pemilih cerdas, kita jangan asal memilih saja, tetapi saat memilih, harus melihat lebih dalam dan memahami tentang visi dan misi calon pemimpin kita", pungkasnya


.Ao