Puluhan Pemuda Kabupaten Kuningan Ikuti PBK BBPLK di Bekasi

JabarCeNNa.com, Kuningan - Setelah melalui proses seleksi puluhan pemuda Kabupaten Kuningan ikut Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Boarding Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) di Bekasi.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Kuningan, Gunarto, mengatakan, untuk Kabupaten Kuningan kita mengirimkan puluhan pemuda untuk ikut pelatihan di bekasi.

Sesuai dengan tahapan hasil seleksi beberapa hari yang lalu, peserta yang lolos seleksi itu berjumlah 15 orang dari total jumlah peserta yang ikut sebanyak 23 peserta."ucapnya saat ditemui jabarcenna.com diruang kerjanya, Senin, (5/7/2019).

Pada Hari ini kita memberangkatkan 4 peserta untuk ikut pelatihan di bekasi, dan 11 peserta lainnya akan mengikuti pelatihan nanti tanggal (11/8) mendatang sesuai dengan agenda jadwal pelatihan yang ada. Dan peserta yang lolos tersebut akan mengikuti lima program kejuruan sesuai kuota boarding training yang diminta BBPLK Bekasi yakni kejuruan otomasi elektronika; operator instrument; jaringan komputer; mobile programing; dan refrigasi komersial,"tuturnya.

Gunarto menerangkan, PBK BBPLK ini merupakan momen pelatihan dan pendidikan bagi pemuda yang belum memiliki keterampilan kerja. Setelah pelatihan selesai, diharapkan mereka mampu mengembangkan kelimuannya dan bisa membuka peluang usaha di daerahnya masing-masing."katanya

“Saya mengharapkan kepada peserta yang ikut pelatihan sekarang agar mengikuti semua pelatihan dengan baik sampai dengan lulus uji kom. Ini adalah kesempatan baik untuk menambah keterampilan untuk bekal masa depan, karena dengan modal pelatihan diharapkan peserta bisa mandiri dan membuka peluang usaha dan bisa membawa nama baik daerah” paparnya.

Menurut Gunarto, keahlian dalam dunia kerja saat ini sangat dibutuhkan. Baik di dunia industri maupun dunia usaha lainnya. Bila hanya mengandalkan ijazah, maka pemuda di Kuningan tidak bisa bersaing manakala melamar pekerjaan ke dunia industri. 


Ia berharap kepada masyarakat atau para peserta pelatihan ini bisa memanfaatkan kegiatan pelatihan yang sekarang dilaksanakan di Bekasi karena tidak hanya pelatihan yang bersifat di daerah saja silahkan bagi masyarakat atau pemuda yang ingin ikut pelatihan bisa mengikuti di luar daerah juga guna menggali potensi keahlian yang dimilikinya,” pungkasnya
.

.iwan