Satu Dasawarsa TKSK Mengabdi Untuk Negeri

JabarCeNNa.com, Kuningan -- TKSK adalah pilar sosial yang memiliki peran untuk membantu penyelenggaraan sosial sesuai dengan lingkup wilayah penugasannya di Kecamatan. Selain itu TKSK merupakan mitra kerja Pemerintah Daerah Kab. Kuningan dengan PSKKS lainnya, yaitu LKKS, PSM, Karang Taruna, Tagana, LKS, LK3, Pendamping PKH. Ada 26 permasalahan kesejahteraan sosial yang menjadi perhatian. Namun kali ini dilakukan juga kegiatan bhakti sosial bantuan Santunan sosial, donor darah, dan pemberian kartu PBI JKN/KIS. "Ungkap Wakil Bupati Kuningan  H. M Ridho Suganda saat menghadiri acara Satu Dasawarsa 10 tahun TKSK di Desa Cipakem Kecamatan Maleber, Senin, (14/10/2019)

“Sungguh kami sangat apresiasi kepada TKSK yang selalu siap dalam mendukung pemberdyaan masyarakat Kuningan terutama para pemerlu pelayanan kesejahteraan (PPKS). Hari ini juga TKSK mampu menyelenggarakan Bhakti Sosial sebagai bentuk rasa empati terhadap sesama. Untuk itu mari kita tumbuhkan rasa nasionalisme melalui kebersamaan guna mempererat persatuan dan kesatuan memperkokoh mental yang tidak mudah menyerah pada keadaan,”ungkapnya.

Dikatakan Ketua panitia Eka Purnama, SPd. dari TKSK, mengatakan, bahwa kegiatan kali ini merupakan Satu Dasawarsa TKSK mengabdi untuk negeri dengan tema sinergisitas penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) menuju Kuningan Makmur.

Sementara, Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, SE, menyampaikan selamat kepada TKSK Kabupaten Kuningan yang sudah 10 tahun menjadi mitra kami dengan mengedepankan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. “Kita bersama-sama mencoba menciptakan inovasi dan terobosan baru dalam pengembangkan model pelayanan guna mengatasi permasalahan dibidang kesejahteraan sosial, karena persoalan yang menimpa bangsa ini bukan hanya merupakan tanggung pemerintah saja akan tetapi menjadi tanggungjawab bersama seluruh komponen bangsa,”katanya.

Dalam kesempatan itu, Wabup Kuningan meninjau pembangunan Hunian Tetap (Huntap) warga Dusun Cigerut Wetan dan Cigerut Kulon Desa Cipakem akibat bencana longsor yang terjadi tahun 2018, yang sementra ini ditampung di Hunian Sementra (Huntara) berdekatan dengan Balai Desa Cipakem yang menjadi lokasi kegiatan TKSK.

Kesra Cipakem, Romli menyampaikan terimakasih kepada TKSK dan pihak lainnya yang sudah memfasilitasi memberikan bantuan semoga ada manfaatnya bagi warga. Begitu juga kepada pemerintah yang sudah merelokasi warga untuk diberikan Hunian Sementara yang kini akan berpindah ke Huntap yang sedang dibangun. Berlokasi di Blok Sarana Desa Cipakem dengan luas lahan 4,75 ha yang diperuntukan untuk 176 KK dengan 676 jiwa. Yang sebelumnya tanah ini kebun bukit, tapi sekarang sudah diratakan dan pembangunan sudah dimulai


.Iwan