Pengelolaan Lembah Pajamben Belum Jelas

( Kawasan Wisata Lembah Pajamben Kota Banjar )


JABARCENNA.COM, BANJAR - Usai penataan lembah pajamben yang terletak didesa Binangun kecamatan Pataruman kota Banjar, sampai saat ini status pengelolaanya belum jelas.  

Budi Ramdany salah warga masyarakat Desa Binangun mempertanyakan kejelasan pengelolaan Wisata Lembah Pajamben. Menurut Budi, pihak pemkot harus mengambil keputusan tentang pengelolaanya.

"untuk obyek wisata lembah pajamben saat ini sok cepat ada keputusan apakah mau dilimpahkan ke desa, kalo mau sama desa ya sok biar ada kejelasan supaya pengelolanya ada ataupun oleh kota agar  diambil keputusan, toh tidak harus menunggu masa perawatan sambil berjalan juga bisa terjadi penyerahan ataupun keputusan akan di kelola oleh kota jadi jelas statusnya", ujar Budi, Jumat (6/3/2020).

Budi berharap, obyek wisata lembah pajamben ini harus ada wahana  yang menjadi target pengunjung sehingga dapat menjadi tujuan destinasi wisata unggulan di kota Banjar.

“ pajamben harus ada wahana baru seperti kolam renang ataupun lantai kaca ataupun Camping ground”,jelanya.

Menurut Budi, pesona pemandangan obyek wisata pajamben ini sangat mengagumkan, sehingga lembah pajamben ini bisa selalu hidup dan menjadi tujuan wisata yang menggembirakan serta perekonomian masyarakat desa Binangun bisa semakin tumbuh.

Menyikapi hal itu Dedi Suryadi selaku Camat Pataruman menuturkan, untuk obyek wisata pajamben ini diharapkan ada kejelasan terkait seperti apa status dan siapa yang nantinya akan mengelola destinasi wisata lembah pejamben sehingga tidak menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan segera di tindak lanjut obyek wisata lembah pajamben ini agar status dan siapa pengelolanya jelas", ujar Dedi saat di tanya terkait lembah pajamben

Dedi juga mengatakan khususnya untuk pemerintah desa Binangun harus mempersiapkan jika nantinya obyek wisata lembah pajamben ini di serah terimakan oleh pemerintah Kota, sehingga bisa memberikan manfaat khususnya untuk peningkatan pendapatan desa untuk menaikkan perekonomian masyarakat.

"desa Binangun harus  Mempersiapkan analisa usaha dan menunjuk pengelola yg memiliki kemampuan untuk mengelola lembah pajamben jika memang nantinya di kelola oleh desa", tambahnya. (WY)