100 Anggota Satlinmas Ikuti Pembinaan Peningkatan Kapasitas


JABARCENNA.COM| BANJAR,- Pembinaan Peningkatan Kapasitas Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) kota Banjar tahun 2021, dilaksanakan di Wana Wisata Situ Leutik, Rabu (15/12-2021).

Hadir dalam kegiatan Pembinaan Satlinmas Wakil Walikota Banjar H Nana Suryana yang sekaligus membuka kegiatan, Kasat Pol PP kota Banjar Edi Nurjaman, Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih,Kajari kota Banjar Ade Hermawan, Kalak BPBD kota Banjar Kusnadi, Kapolsek Banjar, Camat Banjar Asep Yani,Camat Pataruman Jenal Arifin, dan Per wakilan Linmas tiap-tiap Desa/Kelurahan.

Dalam sambutanya Wakil Walikota menyampaikan ini angkatan ke 5 dari Program Pembinaan Peningkatan Kapasitas Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) kota Banjar. Jadi bagaimana Linmas di kita ini memahami Payung Hukumnya yaitu Permendagri no 26 tahun 2020 tentang ketertiban umum, ketentraman masyarakat dan perlindungan masyarakat, ucapnya.

Nah untuk meningkatkan Pemahaman kemampuan sehingga memahami tupoksinya seperti apa dilapangan sebagai Linmas.

Jadi ini upaya-upaya Pemerintah untuk bagaimana Satuan Perlindungan Masyarakat ini kemudian paham, bisa melaksanakan tugas dengan baik sebagai Pasukan yang berdiri ditengah-tengah masyarakat didalam Perlindungan Keamanan, Ketertiban, dan Ketentraman masyarakat, jelasnya.

Menurut Kasat Pol PP Banjar Edi Nurjaman, anggota sat linmas Kota Banjar yang mengikuti kegiatan pembinaan ini sebanyak 100 orang. Dan maksud dan Tujuannya adalah untuk membekali para anggota linmas dengan pengetahuan dan wawasan yang agar lebih memahami tugas pokok dan fungsi linmas dalam membantu keamanan dan ketertiban di masyarakat, serta meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana di Kota Banjar.

Harapannya setelah diadakannya pembinaan ini adalah terselenggaranya kesiapan anggota sat linmas di Kota Banjar untuk membantu penanganan bencana, mengurangi dan memperkecil akibat bencana, ikut memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban di masyarakat, serta kegiatan sosial di masyarakat, dan menjadi bahan motivasi anggota satlinmas dalam melaksanakan tugas di lapangan sehingga timbul kesadaran bahwa tugas dan yang dipikul adalah tugas sosial yang sangat mulia./Tema