Kick Off Pendataan Long Form SP2020 Lanjutan Digelar, Nana :Sensus Ini Akan Jadi Pedoman dan Acuan


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., menghadiri kegiatan Kick Off Pendataan Long Form SP2020 Lanjutan Kota Banjar yang digelar di Aula Somahna Bagja Dibuana Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar, Jumat, 20 Mei 2022.

Kegiatan yang digelar oleh BPS Kota Banjar ini dihadiri oleh Plt. Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjar, Kepala BPS Kota Banjar serta seluruh Mantan Kepala BPS Kota Banjar.


Dalam arahanya, Wakil wali kota menjelaskan bahwa sensus penduduk 2020 merupakan upaya Indonesia untuk menuju satu data kependudukan rangkaian kegiatan SP 2020 dilaksanakan ke dalam dua tahapan yaitu tahap pertama pendataan dengan menggunakan short form yang telah dilaksanakan pada tahun 2020. Sedangkan tahap kedua yaitu pendataan long form SP2020 secara sederhana bisa disebut sebagai sensus penduduk 2020 lanjutan yang dilaksanakan pada tahun 2022 ini.

"Kegiatan Kick Off ini hanyalah momentum bahwa kegiatan long foam SP 2020 mulai dilaksanakan, tetapi titik beratnya adalah bagaimana pelaksanaan pendataan di lapangan dilakukan dengan akurat sesuai dengan pedoman pendataan. "jelasnya.

Menurutnya, kegiatan sensus penduduk 2020 lanjutan Tahun 2022 ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Mei - 30 Juni 2022 yang diawali dengan kegiatan pemutakhiran pada tanggal 15 - 31 Mei 2022 dan dilanjutkan kegiatan pengumpulan data pada tanggal 1 - 30 Juni 2022 dengan jumlah petugas lapangan sebanyak 109 orang petugas.


Bagi Kota Banjar, tambah wakil wali kota, hasil sensus penduduk 2020 lanjutan menjadi data strategis dalam penyusunan rencana pembangunan dan pengambilan keputusan seluruh kebijakan Pemerintah Kota Banjar. Untuk itu, wakil wali kota berpesan kepada seluruh petugas untuk mendata dengan serius dan akurat.

"Berdasar undang-undang data yang menjadi dasar adalah hanya Data dari BPS. Saya berpesan kepada seluruh petugas untuk bekerja dengan niat bela negara, karena hasil pendataan ini akan menjadi pedoman dan acuan bagi Pemerintah Daerah maupun pusat dalam setiap pengambilan kebijakan. "Pungkasnya.

Kegiatan Kick Off Pendataan Long Form SP2020 Lanjutan Kota Banjar ditandai dengan pemakaian rompi dan pengalungan Id Card secara simbolis oleh wali Kota kepada petugas Sensus./Tema