KPU Kota Banjar Selenggarakan Nobar Peluncuran dan Tahapan Pemilu 2024


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Banjar mengadakan Peluncuran Tahapan Pemilu tahun 2024, yang dilaksanakan di Aula KPU kota Banjar, Selasa (14/6-22).

Hadir dalam acara nonton bareng Kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilu 2024, Ketua DPRD Kota Banjar, Dandim 1613 Ciamis, Bawaslu Kota Banjar, perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Banjar, perwakilan Partai Politik, serta stakeholder terkait.

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis menyampaikan sesuai dengan instruksi KPU RI seluruh KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan nonton bareng peluncuran dan tahapan Pemilu 2024.

"Sesuai dengan PKPU no.3 tahun 2022 pada 14 Juni 2022 sampai Desember adalah penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu.


Kemudian sekitar 29 Juli sampai Desember masuk ke pendaftaran Partai Politik, dan sekitar awal bulan Agustus verifikasi faktual administrasi Partai Politik, " ucapnya.

Ditambahkan Danial, persiapan secara umum dari KPU Kota Banjar sudah jauh-jauh hari dilakukan untuk penyelenggaraan Pemilu 2024.

" Dalam sistem kepemiluan kita mengenal adanya siklus Pemilu yakni, pre electoral period, electoral period, dan post electoral period.

Jadi selama post electoral period dan pre electoral period kita melakukan sejumlah hal terkait dengan persiapan-persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024, " imbuhnya./Tema