Mahasiswa Unigal Ciamis Gandeng TAGANA di Kegiatan KKN dan PPM


JABARCENNA.COM | CIAMIS,- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, gandeng relawan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Ciamis, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana di Lingkungan Sekolah.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kampus SMP Negeri 2 Pamarican, pada Senin (22/08/2022).

Sosialisasi Mitigasi Bencana di Lingkungan Sekolah, dilakukan untuk meningkatan pemahaman para Siswa, dalam mengantisipasi terjadinya bencana.


Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis, Baehaki Efendi, S.Pd., mengatakan bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana di Lingkungan Sekolah, oleh Mahasiswa KKN PPM Unigal Desa Kertahayu, di Sekolah SMP Negeri 2 Pamarican ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman, wawasan, dan pengetahuan tentang kebencanaan, sehingga resiko akan dampak yang ditimbulkan oleh bencana, dapat diminimalisir.

"Intinya Para Siswa diharapkan dapat mengenali bahaya yang dihadapi, untuk mencegah resiko yang ditimbulkan akibat dari dampak bencana"jelasnya

Koordinator Mahasiswa KKN PPM Unigal Desa Kertahayu, Agus Muhammad Fajar, mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana di Lingkungan Sekolah, merupakan salah satu program yang disusun dan dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN PPM Unigal di wilayah Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Lanjut Agus, kegiatan ini penting dilaksanakan karena wilayah Desa Kertahayu, masuk ke dalam peta daerah rawan bencana. Sehingga dipandang perlu para Siswa, untuk diberikan edukasi, dan pemahaman, akan masalah Mitigasi Kebencanaan.

Agus, berharap dengan diselenggarakannya kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana di Lingkungan Sekolah, khususnya di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 2 Pamarican ini, diharapkan para Siswa paham, dan mengerti akan Mitigasi Bencana, sehingga resiko, dan dampak yang ditimbulkan akibat dari terjadinya musibah bencana dapat diminimalisir. Harapnya./Tema