Sesditjenpas Tinjau Lokasi Rencana Lahan Pembangunan Lapas Pangandaran di Desa Selasari


BANJAR |JABARCENNA.COM,- Warga Desa Selasari Pangandaran merasa mendapatkan kehormatan dan mendukung rencana pembangunan Lapas Pangandaran di daerahnya segera terwujud. Mewakili apa yang dirasakan warganya, aparat Pemerintahan Desa Selasari mengatakan bahwa dengan adanya Lapas Pangandaran nantinya akan meningkatkan kemajuan di daerahnya dari berbagai aspek, antara lain aspek ekonomi dan aspek sosial meningkatkan potensi pengenalan hasil olahan laut atau aneka hasil kerajinan khas pesisir.

Sekretaris Ditjen Pemasyarakatan (Sesditjenpas), Heni Yuwono disela-sela rangkaian kegiatan Touring Bersama Semarak G20 Persatuan Trail Adventure Pengayoman (PTAP) telah meninjau lahan yang akan menjadi tempat pembangunan Lapas Pangandaran di Desa Selasari, Parigi Kabupaten Pangandaran (21/10). Heni kembali ungkapkan penghargaan dan terimakasih kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran atas dukungannya kepada Kanwil Kemenkumham Jabar, khususnya jajaran Pemasyarakatan dan keimigrasian dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan menangani over kapasitas hunian Lapas. Heni pada peninjauan tersebut didampingi oleh Sekretaris Daerah Pangandaran, Kabag Umum Setda Pangandaran, Kapolres Pangandaran, Kepala Bapeda Pangandaran, Kepala Dinas Pariwisata Pangandaran, BPBD Kabupaten Pangandaran, Camat Parigi, Kepala Desa Parigi, Babinmas dan Babinsa Parigi serta tokoh masyarakat setempat.


Pemda Pangandaran telah memberikan lahan seluas sekitar 24,8 hektar untuk pembangunan Lapas Pangandaran. Di atas lahan tersebut, Ditjen Pemasyarakatan cq. Kanwil Kemenkumham Jabar akan membangun Lapas sebagai salahsatu upaya menangani over kapasitas hunian di Lapas. Pada saat ini Over Capacity telah dialami oleh hampir di setiap Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara di Jawa Barat.

Sesditjenpas telah menugaskan Kalapas Banjar Mohamad Maolana dengan Kabag PPL Ditjenpas untuk meningkatkan kordinasi dengan Pemda Pangandaran melalui Kabag Pemerintahan dan Kabag Hukumnya untuk pengurusan sertifikat tanah dan administrasi kelengkapan surat terkait lainnya agar bisa segera dibangun Lapas Pangandaran./Tema