Dinas KUKMP bersama Bank BJB Gelar Acara Banjar Patroman Festival


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) bekerja sama dengan Bank BJB Cabang Kota Banjar menggelar acara Banjar Patroman Festival di kawasan Jalan Dr. Sudarsono Kota Banjar. Acara tersebut digelar selama dua hari pada Sabtu dan Minggu, tanggal 19-20 November 2022.

Dalam Banjar Patroman Festival tersebut menampilkan beragam kuliner dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Banjar. Tidak hanya itu, beragam kesenian dan budaya juga turut ditampilkan di panggung utama Banjar Patroman Festival Tahun 2022.

Banjar Patroman Festival ini dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Banjar Nana Suryana, pada Sabtu (19/11/2022). Selain itu juga turut dihadiri oleh Kepala Bank BJB Cabang Kota Banjar Muhammad Fajar Firdaus Mutaqin, Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, SH., S.I.K., M.M., Ketua DPRD Kota Banjar Dadang R. Kalyubi, Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar Edi Herdianto, dan Kepala KPP Kota Banjar.

Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana sangat mengapresiasi adanya kolaborasi dan sinergi, baik Bank BJB Cabang Kota Banjar, DKUKMP dan Pelaku UMKM serta Seni Budaya. Ini yang diimpikan banyak orang guna menggerakkan perekonomian masyarakat khususnya Kota Banjar.

" Banjar tidak memiliki magnet, tetapi bagaimana caranya kita bisa memaksa orang dengan hormat datang ke Banjar. Yaitu melalui kalender event dan Banjar Patroman Festival salah satunya, " ucapnya.

Wakil Wali Kota pun menambahkan, " Setiap event harus berdampak positif pada ekonomi. Jadi silahkan cari uang sebanyak-banyaknya hingga diluar Kota Banjar. Tetapi buang uang tersebut di Kota Banjar.

Sehingga di Kota Banjar terjadi pergerakan ekonomi dan berujung pada kesejahteraan masyarakat Kota Banjar menjadi meningkat, " imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bank BJB Cabang Kota Banjar Muhammad Fajar Firdaus Mutaqin mengatakan, ini merupakan kolaborasi antara Bank BJB dengan Pemerintah Kota Banjar serta tentunya pelaku usaha UMKM maupun seni budaya yang ada di Kota Banjar. Sehingga bisa memberikan ruang mereka agar bisa menampilkan produksi, seni, budaya masing-masing guna terjadinya pergerakan ekonomi di Kota Banjar.

" Kami di sini ingin memberikan kegiatan ditambah sebuah 'gimmick' agar orang berkumpul, maka ada kolaborasi seni budaya dan UMKM sehingga ekonomi bergerak. Ini terbukti, ekonomi bergerak luar biasa, " ujar Kepala Bank BJB Cabang Kota Banjar.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar Edi Herdianto, ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas KUKMP mendukung program Pemerintah Pusat dalam pemulihan ekonomi nasional. Disini para pelaku usaha dan kesenian serta kebudayaan diberi ruang untuk tampil sekaligus memasarkan produk mereka pasca situasi pandemi Covid-19.

" Ini bagian dari program pemulihan ekonomi nasional. Disini kami memberi kesempatan kepada pelaku UMKM untuk bisa mempromosikan dan memasarkan produk mereka pasca pandemi Covid-19. Selain itu juga kami membuka ruang bagi pelaku seni dan budaya mempertunjukan kemampuan serta keahlian guna menggerakkan perekonomian masyarakat, " ucapnya.

Banjar Patroman Festival ini menjajakan sekitar 60 macam kuliner, fashion dan makanan serta minuman siap saji. Selain itu juga terdapat penampilan seni budaya khas Kota Banjar.

Banjar Patroman Festival ini merupakan salah satu bagian dari kalender event di Kota Banjar yang bertujuan menjadi magnet masyarakat datang secara hormat ke Kota Banjar untuk melakukan perputaran ekonomi dan berakhir pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat./Tema