Hadiri Acara HUT HIMPAUDI Ke-17 Ade UU Diberi Penghargaan


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., Membuka Acara Hari Ulang Tahun Ke-17 Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Banjar yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Sekretariat Daerah Kota Banjar. Senin (31/10/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 600 orang Tutor PAUD Kota Banjar dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjar, Ketua DWP Kota Banjar, Perwakilan TP PKK Kota Banjar serta Ketua Himpaudi Kota Banjar dengan mengusung tema 'Dalam Usia 17 Tahun Himpaudi Berupaya Meningkatkan Kualitas SDM Menuju Guru Profesional, Mandiri, Inovatif Menuju Era Digital'.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan Penghargaan Kepada Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., (Bunda PAUD Kota Banjar Provinsi Jawa Barat) atas kinerja dan kepedulian yang tinggi dalam mendukung program Bergerak bersama menuju PAUD berkualitas dari Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.


Mengawali arahannya, Wali Kota Banjar mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-17 Himpaudi Kota Banjar. Menurutnya, tugas berat diemban oleh seorang tutor PAUD. Tugas guru PAUD bukan hanya mengajar tetapi yang lebih penting adalah bagaimana memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan, juga belajar anak. Untuk dapat berperan sebagai fasilitator tentunya guru PAUD harus memiliki pemahaman yang jelas tentang belajar. Belajar terjadi karena ada proses yaitu interaksi antara individu dengan lingkungan. interaksi dengan lingkungan menimbulkan pengalaman, sedangkan hasil yang dicapai setelah belajar adalah perilaku yang meliputi pengetahuan sikap dan keterampilan.

"Masa Golden Age merupakan saat yang penting dalam masa tumbuh kembang anak. Untuk itu diperlukan seorang guru yang dapat mengemban tugas berat untuk dapat mencetak generasi muda yang berkepribadian. " Jelasnya.

Berdasar data, Angka Partisipasi Kasar anak Nasional Mencapai 41,28%, tingkat Jawa Barat sebesar 36.28% sedangkan Angka Partisipasi Kasar Kota Banjar sebesar 72.45%. Angka Partisipasi Kasar (APK) adalah proporsi anak sekolah pada suatu jenjang pendidikan tertentu dalam kelompok umur yang sesuai dengan jenjang pendidikan tersebut.

"Hal ini menandakan di Kota Banjar persentase jumlah anak usia dini yang belajar di Pendidikan PAUD sangat tinggi. Semoga dengan hadirnya tutor PAUD Kota Banjar yang berkualitas akan menghasilkan bibit-bibit SDM yang unggul. " Pungkas wali kota./Tema