Kontes Pameran Entog Jadi Wadah Silaturahmi Para Peternak Entog di Seluruh Nusantara


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., M. H., membuka Kegiatan Kontes dan Pameran Entog Wakil Wali Kota Banjar Cup Tahun 2022 yang bertempat di Lapang Tenis Indoor Gelora Banjar Patroman Langensari, Minggu (06/11/2022).

Kegiatan yang digelar selama satu hari ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur serta Provinsi Banten. Kontes Entog kali ini mempertandingkan 11 kelas penilaian yang memperebutkan trophy serta uang Pembinaan.

Ratusan entog yang dipamerkan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pekan Kuliner Paguyuban Pedagang Langensari terlihat lebih semarak dengan adanya dua event yang digelar secara berbarengan yaitu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tahun 2022 serta Kontes dan Pameran Entog.


Dalam arahannya, Wakil wali Kota Banjar mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan Kontes dan Pameran Entog Wakil Wali Kota Banjar Cup Tahun 2022. Gelaran ini merupakan yang pertama digelar secara meriah oleh Paguyuban Peternak Entog Banjar.

"Gelaran ini merupakan salahsatu dari beberapa event yang telah disusun di tahun 2022. Kota Banjar telah mempunyai rencana event yang akan digelar sebagai upaya untuk menjadikan Kota Banjar sebagai Kota Tujuan Event yang bertaraf lokal, regional maupun nasional. Event-event yang digelar akan menjadi daya tarik pendatang untuk berkunjung ke Kota Banjar yang tentunya akan memiliki efek simbiosis mutualisme bagi pemulihan ekonomi di Kota Banjar. " Jelas Wakil Wali Kota.

Lebih lanjut wakil wali kota menjelaskan bahwa Kontes dan Pameran Entog Wakil Wali Kota Banjar Cup Tahun 2022 ini menjadi salahsatu wadah silaturahmi bagi para peternak entog di seluruh nusantara. Selain itu, gelaran ini menjadi sebuah sarana untuk meningkatkan nilai ekonomis entog itu sendiri. Entog bukan hanya menjadi komoditas penjulan daging semata, namun dapat menjadi hawan yang dipamerkan dan akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.


"Selain diketahui sebagai penghasil daging, dengan gelaran ini, masyarakat akan tau bahwa entog juga bernilai ekonomi tinggi. Hal ini akan menarik minat peternak entog untuk memelihara entog dengan kualitas yang diatas rata-rata sehingga bernilai jual tinggi. Saya berharap, kegiatan ini akan menjadi gelaran rutin setiap tahun dan akan menjadi salah satu icon di Kota Banjar. "Pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Para Kepala Perangkat Daerah, Forkopimcam Langensaru, Ketua Asosiasi Peternak Nasional, Serta Paguyuban Pecintan Entog dari Kota Kabupaten.

./Tema