Puluhan Pelaku UMKM Ikuti Sosialisasi Bussines Matching dan Kredit Usaha Rakyat


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., M. H., membuka kegiatan Sosialisasi Bussines Matching dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Untuk UMKM Kota Banjar, yang bertempat di Gedung Serbaguna Backyard Cafe, Lingkungan Sukarame Kelurahan Mekrsari Kecamatan Pataruman. Kamis (17/11/2022).

Sosialisasi yang digelar selama satu hari ini diikuti oleh 45 Peserta yang berasal dari Para Pelaku UMKM Se-Kota Banjar dan dihadiri secara langsung oleh Plt. Asda Dua Setda Kota Banjar, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya, Kepala BPN Kota Banjar, Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, serta Perwakilan BJB Cabang Banjar. Kegiatan ini juga menghadirkan nara sumber dari Kepala OJK Tasikmalaya, Kepala BPN serta Perwakilan dari Bank BJB.


Menurut wakil walikota pelaksanaan program sosialisasi dan edukasi keuangan dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan. Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka meningkatkan awarnes masyarakat terhadap berbagai program perluasan akses keuangan yang diinisiasi oleh TPKAD kabupaten kota se-Indonesia.

"Hari ini, Para pelaku ekonomi, baik dari Kalangan Pengusaha, Perbankan serta Pelaku UMKM hadir dalam kegiatan ini. Melalui program Business matching juga diharapakan kegiatan berbisnis dapat dilakukan secara kolaborasi dengan memperkuat sisi konektivitas antara semua pihak yang terlibat."jelas wali kota.

Lebih lanjut, Wakil wali kota menyebutkan bahwa pelaku UMKM di Kota Banjar berjumlah 38 ribu UMKM. Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah ini sangat penting terutama di masa Pandemi Covid19, dimana sektor ini tetap mempu bertahan dan terus berkembang.

"Banyaknya pelaku UMKM ini menjadi Potensi untuk mendukung Pertumbuhan Ekonomi di Kota Banjar. Semakin banyak orang yang terlibat dalam kegiatan ekonomi, maka kesejahteraan masyarakat akan semakin menyebar di Kota Banjar. Situasi ini juga di dibaca oleh pihak perbankan, karena pihak perbankan juga mempunyai program penyaluran Pinjaman modal bagi para pelaku UMKM di Kota Banjar. Saya berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan Fasilitasi dan intermediasi Penyaluran Kredit Bagi Pelaku UMKM di Kota Banjar. "Pungkas Wakil Wali Kota./Tema