Sebagai Bentuk Rasa Syukur, Warga Desa Jalaksana Potong Belasan Tumpeng


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,-
Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Alloh SWT, Warga Desa Jalaksana Kecamatan Jalaksana menggelar acara syukuran dengan makan bersama, Kegiatan yang digelar di Jalan Desa Dusun 3 RT 14 RW 3 itu dihiasi dengan pemotongan belasan tumpeng dan di ikuti ratusan warga dimana sebelumnya warga secara bersama-sama menggelar doa bersama memohon keselamatan dan keberkahan.Jum'at (19/5/2023) sore.

Kegiatan yang dipelopori oleh Warga RT 13 dan 14 Desa Jalaksana tersebut sengaja digelar di sepanjang jalan Desa yang sebelumnya telah mendapat renovasi hal itu sekaligus syukuran warga karena telah memiliki jalan lingkungan yang mulus sebagai sarana warga dalam menjalankan roda kehidupan.

Kepala Desa Jalaksana Juhana M.Pd S.Pd menjelaskan, kegiatan yang dilakukan warga tersebut merupakan sebagai bentuk rasa syukur warga RT 13 dan 14 Dusun 3 karena telah memiliki jalan lingkungan atau jalan desa yang bagus, Juhana mengatakan, Sebagai salah satu sarana yang penting guna menunjang kehidupan manusia dalam beraktifitas. Jalan lingkungan yang berada di RT 13/14 RW 03 Dusun 3 Desa Jalaksana Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan yang sebelumnya rusak kini kondisinya mulus.

Perbaikan jalan dilakukan dengan cara dicor rabat beton, dan anggaran pengerjaannya bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) Pekerjaan jalan lingkungan desa dengan panjang sekitar 390 meter dan lebar 2,5 meter dimana pengerjaanya diambil dari anggaran dana desa tahap pertama ini mengacu pada rencana anggaran biaya serta rencana kerja pembangunan desa (RKPDes).

“Sebelumnya jalan tersebut sudah rusak dan masuk skala prioritas untuk diperbaiki, alhamdulilah sebelum puasa kemarin pengerjaan jalan sudah beres,sementara tujuan dari perbaikan jalan sendiri diharapkan dapat memberi manfaat dan membantu masyarakat melakukan mobilisasi diberbagai bidang,"harap Juhana.

Juhana menambahkan menurutnya keberhasilan pembangunan didesanya tidak mungkin terlaksana jika tidak ada dukungan dari semua pihak terutama masyarakat. dalam kesempatan itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu bayar pajak tepat waktu, karena pajak merupakan salah satu pendukung suksesnya pembangunan di berbagai bidang.

"Alhamdulilah kini Jalaksana merupakan salah satu desa mandiri, ini merupakan pencapaian yang luar biasa sekaligus perjuangan yang harus tetap dijaga ,terutama sifat gotong royong sehingga kedepan Desa Jalaksana menjadi lebih baik," tutur Juhana

Sementara Udin salah seorang warga setempat menuturkan,Jalan lingkungan tersebut merupakan akses mempermudah warga dalam melakukan kegiatan atau aktivitas lainnya terutama sebagai sarana transportasi maupun jalan kaki, terlebih jalan lingkungan tersebut merupakan salah satu akses yang menghubungkan antara Desa Jalaksana dan Babakanmulya sehingga pemanfaatannya dapat dirasakan oleh kedua desa.

"Rehabilitasi atau perbaikan jalan di Dusun 3 ini terus terang sangat membantu kami ya sebagai warga, terutama masyarakat yang melakukan kegiatan mobilisasi baik pertanian maupun perdagangan, karena jalan tersebut akses utama warga dua desa dalam melakukan aktivitas sehari-hari,"terangnya./Ris-Wan