Siswa Kelas 8 SMPN 2 Banjar Diajak Pengenalan Lapas


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Beragam cara sekolah menerapkan atau mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum Merdeka 2023, kepada anak didik. Seperti melaksanakan kegiatan pameran karya seni anak didik maupun melaksanakan kegiatan diluar sekolah untuk mengenalkan anak instansi Pemerintahan.

Ini yang dilakukan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banjar kepada para anak didiknya. Implementasi ini dilakukan dengan melaksanakan kunjungan ke Lapas Kelas IIB Banjar, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (3/8/2023).

Ini bagian dari penerapan kurikulum Merdeka dengan mengimplementasikan P5 kepada anak didik. Dimana anak didik diajak keluar lingkungan luar sekolah agar mengenal Lembaga Pemasyarakatan Mulai dari mengenal petugas hingga apa saja yang ada di Lapas.

Koordinator P5 SMPN 2 Banjar Saepudin mengatakan, hari ini sekolah mengajak para siswa siswi anak didik melakukan kunjungan ke Lapas Kelas IIB Banjar. Kegiatan ini sesuai dengan kurikulum merdeka yang mana didalamnya ada projek penguatan profil pelajar Pancasila.

"Kami pada kesempatan ini khususnya mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan diberikan tugas guru PPKN pembelajaran di luar sekolah kami mengadakan kunjungan ke Lapas. Anak didik diberikan lembar kerja pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan di Lapas," ujar Saepudin disela-sela kegiatan kunjungan di Lapas Banjar.

Saepudin menuturkan, pengenalan Lapas Banjar ini diikuti oleh 8 kelas atau rombongan belajar. Para siswa dikenalkan bagaimana dan apa-apa saja yang ada di Lapas Banjar. "Total siswa didik yang hadir mengikuti kunjungan ke Lapas Banjar sebanyak 236 anak. Mereka para siswa dari 8 kelas dan ditambah 13 orang guru atau tenaga pendidik yang mendampingi," kata Saepudin./TM