Cegah Perundungan di Sekolah Disdikbud Kuningan Launching Program Pimda Nyawah


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,-

Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaunching Program “Pimpinan Daerah Menyapa Siswa di Sekolah” (PIMDA NYAWAH) dalam rangka mendekatkan antara Pimpinan Daerah dengan warga sekolah, dalam hal ini adalah para pelajar dan tenaga pendidik, bertempat di Aula SMP Negeri 1 Kuningan. Rabu (11/10/2023)

Turut hadir dalam kegiatan Launching tersebut Sekretaris Disdikbud, bersama Para Kabid dan Pejabat Fungsional, Ketua MKKS SMP Kabupaten Kuningan, Ketua K3S SD Kabupaten Kuningan, Para Pengawas, Kepala SMPN 1 Kuningan, Kepala SD dan SMP se-Kabupaten Kuningan. Dimana dilaksanakan secara Hybrid dengan mengundang beberapa siswa lain melalui Video Conference.

Sementara itu , U. Kusmana, selaku Kadisdik baru yang baru saja mendapat rotasi Pejabat Eselon II belum lama ini, menyebutkan, bahwa PIMDA NYAWAH ini bertujuan sebagai sarana bagi Pimpinan Daerah untuk mengenal lebih dekat kondisi real dunia Pendidikan di Kabupaten Kuningan sehingga menjadi media bagi warga sekolah untuk dapat secara langsung menyampaikan persoalan/kendala yang dihadapi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Ungkapnya.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH nampak hadir pada Launching program terobosan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, U. Kusmana, S.Sos., M.Si tersebut. Diharapkan program ini dapat menjadi jembatan siswa terkait fenomena Bullying di Sekolah.

Dalam sambutanya Bupati Acep mengatakan, dukungan atas program PIMDA NYAWAH. Ia berharap program ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kuningan dengan cara memberikan motivasi dan inspirasi kepada para siswa melalui pertemuan langsung dengan pimpinan daerah.

“Semoga pertemuan kita dalam launching program hari ini adalah sebagai media untuk mendengar aspirasi anak-anak kita, juga para Guru, terutama dalam Fenomena Bullying di Sekolah. Sehingga ke depan, kita akan menemukan solusi atas berbagai permasalahan yang ada. Kita duduk bersama hari ini untuk membicarakan bagaimana ke depan kita dapat menciptakan kehidupan Sekolah yang kondusif dan nyaman bagi anak-anak kita” Ujar Acep.

Bupati juga menegaskan akan pentingnya peran Pemerintah Daerah dalam membantu menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, ia memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan atas terlaksananya program PIMDA NYAWAH ini.

Acara dilanjutkan dengan tanya Jawab dengan para siswa dengan tema “stop bullyng” dimana Bupati Acep menyampaikan motivasi dan harapan kepada para siswa dalam meraih cita-cita dan membangun bangsa yang lebih baik di masa depan. Dan acara diakhiri dengan doa bersama untuk kesuksesan program PIMDA NYAWAH./Iwan