Hadiri Pengajian Majelis Taklim Baiturahman PJ Walikota Banjar Bilang Begini!


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si., menghadiri kegiatan Pengajian Majelis Ta'lim Baiturrahman, bertempat di Gedung Dakwah Kota Banjar, Jumat (29/12/2023).

Pengajian tersebut rutin digelar setiap hari Jumat Pagi yang diikuti oleh jamaah pengajian DKM Baiturrahman Masjid Agung Kota Banjar.

Turut hadir mendampingi, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Stap Ahli Bidang kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Kasatpol PP Kota Banjar, serta Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Banjar.

Mengawali sambutanya, Pj. Wali Kota Banjar memperkenalkan diri sebagai Penjabat Wali Kota Banjar untuk bertugas di Kota Banjar untuk satu tahun kedepan. Pj. Wali Kota juga meminta dukungan dari masyarakat Kota Banjar dalam menjalankan tugas sebagai Pj. Wali Kota.


"Saya menjalankan tugas sebagai Penjabat Wali Kota tidak lama, hanya untuk satu tahun, namun demikian, saya memohon dukungan dari ibu-ibu semua untuk melaksanakan amanah ini. Selain itu juga saya berharap jalinan silaturahmi bukan hanya sebagai Pj. Wali Kota saja, namun yang paling utama sebagai sesama manusia, karena jabatan hanyalah sementara. "Ujar Pj. Wali Kota.

Lebih lanjut, Pj. Wali Kota juga mengatakan bahwa Setiap yang hidup pasti akan mati. Salah satu tempat yang pasti akan menjadi tujuan terakhir saat manusia menghadap-Nya adalah alam kubur. Dijelaskannya bahwa dalam Al Quran, surat Al Ankabut ayat 57, Allah telah mengatakan bahwa 'Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian. Kemudian, hanya kepada Kami kamu dikembalikan'.

"Ada lima peringatan Alam Kubur yang seharusnya diketahui oleh seluruh ummat manusia. Peringatan alam kubur yang pertama adalah 'Saya ini adalah tempat kesendirian. Oleh karena itu, maka engkau carilah teman yang akan menemanimu nantinya yaitu bacaan Al-Qur’an', Peringatan alam kubur yang kedua adalah 'aku adalah tempat yang sangat gelap, maka terangilah aku dengan shalat malam', Peringatan alam kubur yang ketiga yaitu 'saya ini adalah tempat yang dipenuhi oleh tanah, dikelilingi oleh tanah maka bawalah alas tidurmu yakni amal sholeh', Peringatan alam kubur yang keempat adalah 'saya ini adalah sarangnya ular-ular.


Oleh karena itu, maka bawalah racun ular-ular tersebut dari muka bumi yaitu bacaan bismillahir rahmannir rahim' dan Peringatan alam kubur yang kelima adalah 'saya adalah tempatnya malaikat mungkar dan nakir bertanya maka perbanyaklah membaca la ilaha illallah Muhammadur Rasulullah, agar engkau bisa menjawab pertanyaan malaikat mungkar dan nakir tersebut'. 

Demikianlah lima peringatan yang setiap harinya diteriakkan oleh kuburan kepada kita semua hanya saja kita tidak diperkenankan oleh Allah swt untuk mendengar teriakan tersebut. Untuk itu marilah kita manfaatkan sisa umur kita untuk senantiasa melakukan amal soleh sebagi bekal kita di akhirat kelak. "Ujar Pj. Wali Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota juga menyerahkan bantuan untuk membatu operasional kegiatan Pengajian Majelis Ta'lim Baiturrahman.tm