Agenda Tahunan, Gebyar Korpri Ramadhan Berkah Dimeriahkan Dengan Berbagai Kegiatan


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,– Gebyar Korpri Ramadhan Berkah berlangsung meriah, ratusan warga wilayah sekitar yang telah diberikan kupon untuk ditukar dengan jajanan gratis gerobak berkah tampak antusias memenuhi halaman Sekretariat Korpri Kuningan, Rabu (3/4/2024).

Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (DP Korpri) Kabupaten Kuningan juga memberikan takjil bagi pengguna jalan yang melintas. Tak butuh lama, sebanyak 500 bungkus takjil ludes dibagikan hanya dalam waktu 15 menit.

Indahnya berbagi takjil menjadi tradisi setiap Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Selain itu, ada juga berbagi bingkisan sembako bagi 50 anak yatim. Untuk kupon, panitia menyediakan 500 kupon bagi masyarakat wilayah setempat untuk ditukarkan dengan aneka jajanan gratis yang disediakan dengan memberdayakan para pedagang, diantaranya Cilor, Es Teh Solo, Baso Ikan, Gorengan, Mie Ayam, dan aneka jajanan lainnya.

Gerakan Pangan Murah pun menjadi sasaran masyarakat, karena komoditi yang disediakan seperti daging, telur, beras, cabai, bawang merah, nugget, dan lainnya dijual dengan harga dibawah pasar.

Salah satu warga Dusun Parenca, Desa Kertawangunan, Yoyoh (47) memanfaatkan pangan murah dengan membeli daging dan sosis. “Alhamdulillah, dengan harga yang murah ini, dapat membantu meringankan belanja dapur. Apalagi pas kesini dapat jajan kuliner gratis,” ungkapnya.

Ketua penyelenggara, Trisman Supriatna, M.Pd, menyebutkan, acara puncak Gebyar Korpri Ramadhan Berkah dimeriahkan berbagai kegiatan, meliputi takjil, gerobak berkah atau jajanan gratis, berbagi sembako, gerakan pangan murah, tausiyah, buka bersama, halal bil halal, serta live music religi.

“Gebyar Korpri Ramadhan Berkah sebagai sarana pemberdayaan aparatur untuk meningkatkan ketakwaan, keimanan serta kepedulian sosial,” ujar Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan.

Selain itu, menurut Trisman, sebelum acara puncak, DP Korpri juga melaksanakan beberapa program unggulan seperti Peduli Empati Korpri Kepada ASN (PEKA). “Kami sudah melakukan kunjungan dan memberikan bantuan bagi ASN atau keluarganya yang terbaring sakit. Baik itu yang di rumah dan di rawat di Rumah Sakit,” katanya.

Sehubungan ada sekitar 20 orang yang sakit, Trisman mengatakan, anggota Korpri dibagi menjadi beberapa tim untuk melakukan kunjungan. Bahkan Ketua DP Korpri Kuningan Pak Sekda turut menjenguk. “Semoga Program PEKA sebagai bentuk kepedulian dapat memberikan motivasi, semangat untuk kesembuhan dan bisa kembali beraktivitas,” ucapnya.

Sementara, Ketua DP Korpri Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si menerangkan, Gebyar Korpri Ramadhan Berkah merupakan agenda tahunan yang menjadi bagian dari pelayanan Korpri kepada anggota dan masyarakat dalam bentuk kepedulian sosial, membantu menggerakan roda perekonomian, dan meningkatkan nilai-nilai kepedulian.

“Semoga kebermanfaatan program kegiatan Korpri Kuningan dapat dirasakan oleh anggota, dan membantu masyarakat dalam pemberdayaan perekonomian dan Bakti sosial,” harapnya.

Sekda Dian juga menyampaikan terimakasih kepada ASN yang sudah berpartisipasi dan meramaikan kegiatan ini, serta mengajak masyarakat untuk hadir. Dan atas dukungan Pak Pj Bupati Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat,.M.Pd dengan terselenggaranya kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati juga mengapresiasi kegiatan Korpri Ramadhan Berkah yang telah memberi kebermanfaatan bagi keluarga Korpri dan masyarakat. Ia berharap agenda seperti ini dapat meningkatkan kepedulian diantara sesama, sehingga kebersamaan menjadi spirit untuk saling membantu. (Iwan)