Giat PSN Dilakukan Serentak, Hj Ida Lakukan Monitoring Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk


BANJAR | JABARCENNA.COM, - Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahati, S.E., S.H., M.Si., melakukan monitoring gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Tingkat Kota Banjar, Jumat (19/04/2024).

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) digelar secara serentak di seluruh Desa/Kelurahan Se-Kota Banjar dibawah pengawasan dan pemantauan Masing-masing OPD. Dalam upaya pencegahan peningkatan Kasus DBD di Kota Banjar, setiap OPD mempunyai wilayah binaan masing-masing melalui Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik/Juru Pemantau Jentik (G1R1J) dengan melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara mandiri 1 (satu) minggu sekali. Kepala OPD bersama pegawai melaksanakan monitoring dan evaluasi secara berkala (tiap bulan) terhadap kegiatan G1R1J di wilayah binaannya.

Hasil monitoring dan evaluasi sebagaimana nomor 1 dilaporkan melalui link : s.id/PSNDBD maksimal tanggal 5 setiap bulan berikutnya Pelaporan kegiatan PSN serentak menggunakan link yang sama


Sebelum melakukan Monitoring, Pj. Wali Kota memimpin Apel Tim PSN yang bertempat di Halaman Pendopo Kota Banjar.

Pj. Wali Kota mengaskan bahwa petugas gerakan PSN dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat harus dilakukan dengan cara yang humanis.

"Hari ini kita serentak turun ke rumah-rumah warga sesuai dengan lokus binaan masing-masing OPD. Saya akan melakukan monitoring dibeberapa lokus di setiap kecamatan. Saya berharap, sosialisasi ini dapat dialkukan secara humanis agar masyarakat dapat mengerti dan memahami upaya pencegahan DBD di Kota Banjar. " Ujarnya.

Ditemui disela-sela monitoring, Pj. Wali Kota menuturkan bahwa nyamuk Aedes aegepty dan Aedes albopictus sangat menyukai air jernih yang tergenang di rumah-rumah. Selain itu juga mereka menyukai baju-baju yang tergantung di rumah.

"Kita akan terus sosialisasikan 3M plus kepada masyarakat, yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur. Tiap keluarga dihimbau untuk rajin menguras bak mandi dan mengeringkan tempat-tempat penampungan air agar nyamuk tidak bisa bertelur pada tempat-tempat yang ada genangan air dan terhindar dari demam berdarah serta menggunakan Lotion Anti Nyamuk."jelasnya.

Pada kesempatan tersebut,Pj. Wali Kota juga melakukan penaburan abate untuk membunuh jentik nyamuk di rumah warga.tm