Pemkot Banjar Mulai Persiapkan Bantuan Sosial untuk Tahun 2022


JABARCENNA.COM | BANJAR,- Persiapan Bantuan Sosial (Bansos) tahun 2022 untuk Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) sudah mulai dipersiapkan Pemerintah Kota Banjar.

Setelah pelaksanaan Bansos di tahun 2021 berjalan dengan baik dan lancar. Dan di tahun 2022 nanti, Pemerintah Kota Banjar ingin menyalurkan Bansos dengan baik dan tepat sasaran.

Menurut Wakil Walikota Banjar Nana Suryana, Bansos sendiri datang untuk mengurangi beban pengeluaran warga.

"Bansos itu kriterianya bisa dikeluarkan untuk masyarakat, kalau tidak ditolong akan menimbulkan kerawanan sosial. Dan kriteria penerima Bansos itu jelas, " ucap Wakil Walikota seusai mengikuti Rapat Persiapan Penyelenggaraan Bantuan Sosial Tahun 2022, di Aula Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Rabu ( 08/12/2021).

Saat ini Bansos yang dicover dari APBD Kota Banjar diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat yang tidak mendapat bantuan dari Kemensos maupun dari Provinsi.

"Bansos yang bersumber dari APBD dikeluarkan untuk Rastra, bantuan tunai, juga bantuan anak yatim. Tapi yang pasti untuk yang mendapatkan Bansos ini tidak boleh duplikasi, artinya mereka yang sudah mendapatkan Bansos ini tidak bisa mendapatkan bantuan jenis lain dari Bansos, atau bagi yang sudah mendapatkan bantuan dari pusat tidak bisa mendapatkan bantuan dari daerah. Dan untuk tahun 2022 nanti, Pemkot ingin menyalurkan Bansos yang baik dan tepat sasaran. Dan itu dimulai dari data yang benar. Kalau data dan penyalurannya benar, itu akan lancar, " jelasnya.

Menurut data yang disampaikan oleh Dinas Sosial Kota Banjar, untuk tahun 2022 penyaluran Bansos untuk Program Beras Sejahtera ( Rastra) telah tercatat sebanyak 6.225 KPM dengan masing-masing mendapatkan 5kg/ bulan selama 12 bulan.

Dan untuk JPS Covid-19 tercatat 4.633 KPM yang direncanakan mendapatkan bantuan uang tunai Rp. 150.000, yang semuanya bersumber dari APBD Kota Banjar./Tema