SMPN 1 Maleber Terima Anggaran Rp3,1 Milyar Pihak Sekolah Bersyukur Dapat Bantuan


KUNINGAN | JABARCENNA.COM,- Kementerian Pendidikan Dan kebudayaan kembali mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 guna penuntasan sarana dan prasara pendidikan, serta peningkatan kualitas dalam mendukung pembelajaran yang baik.

Dana Alokasi Khusus ini (DAK) di berikan kepada sekolah-sekolah yang telah mengajukan permohonan setahun sebelum realisasi,melalui Dinas Pendidikan, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Maleber Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan ini misalnya tahun ini juga menerima DAK fisik berupa rehabilitasi ruang dan pembangunan sarana prasarana. Jumat (18/08/2023).

Adapun DAK fisik yang diterima oleh SMPN 1 Maleber ini ada 8 menu antara lain yaitu, rehabilitasi ruang belajar sebanyak 17 ruangan, rehabilitasi ruang kepala sekolah, rehabilitasi ruang guru, rehabilitasi ruang tata usaha, rehabilitasi ruang UKS, rehabilitasi toilet (jamban), pembangunan laboratorium komputer, pembangunan ruang perpustakaan dengan waktu pelaksanaan selama 90 hari.


Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Maleber H Saroni M.Pd. I melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang sarana dan prasarana Memet S Kurnia S.Pd mengatakan ditahun ini sekolah mendapatkan bantuan APBN DAK T.A 2023 dengan nilai sebesar Rp. 3.100.000.000 yang selama ini diharapkan agar bisa meningkatkan kualitas sarana prasarana serta kualitas pembelajaran sehingga sekolah SMPN 1 Maleber bisa bersaing dengan sekolah lain.

“Pertama kali saya bersyukur kepada Allah SWT atas berkah dan karunianya, Alhamdulillah di tahun ini sekolah kami telah mendapat bantuan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dan rehabilitasi ruang, yang selama ini memang kami harapkan. Agar bisa meningkatkan kualitas pembelajaran untuk pengembangan potensi, serta terciptanya siswa yang berprestasi karna program ini merupakan salah satu sarana dan prasarana lingkungan sekolah, agar terlaksana kegiatan belajar mengajar (KBM) bagi siswa/siswi dan guru pengajar,” paparnya.

Lanjut memet, mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah, terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan yang telah mengucurkan anggaran untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB) dan rehabilitasi ruang di SMPN 1 Maleber.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, yang telah memberikan bantuan kepada sekolah kami dan ini suatu kepercayaan bagi kami dan semua elemen masyarakat, yang ikut serta mendukung demi kelancaran program pembangunan ini dan ini dapat memotivasi kami untuk meningkatkan mutu dibidang pelajaran untuk peserta didik kami ke jenjang yang lebih baik lagi,” tutupnya./Angga-Wn