Wakil Walikota Berikan Materi Kepada 26 Paskibraka Kota Banjar


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., M. H., memberikan materi kepada Petugas Pengibar Bendera Pusaka Kota Banjar yang akan bertugas pada Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertempat di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Rabu (31/05/2023).

Sebanyak 26 Paskibraka Kota Banjar akan bertugas untuk menaikan Bendera dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 01 Juni 2023 besok. Petugas yang akan bertugas besok adalah, Komandan Pasukan Pengibar Bendera, Nada Sahibul Wafa dari SMK Negri 4 Banjar, Pembawa Baki, Virna Ameya Fahira Gunawan dari SMA Negeri 1 Banjar, Pengapit Baki, Nabila Melanyi Hidayat dari SMA Negeri 1 Banjar. Petugas Pengibar Bendera akan dilaksanakan oleh Adza Diva Dzikrullah dari SMA Negeri 1 Banjar, Mochamad Irfan Sadikin dari SMA Negeri 3 Banjar serta Muhammad Rafli dari SMA Negeri 3 Banjar.


Dalam Arahannya, Wakil Wali Kota menjelaskan Sejarah singkat lahirnya Pancasila. Pancasila bermula dari rapat-rapat Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI yang dibentuk pada 29 April 1945 yang diketuai oleh KRT Dr Radjiman Wedyodiningrat. Lebih lanjut, Wakil Wali Kota mengatakan bahwa Moh. Yamin berpidato pada 29 Mei 1945 merumuskan 5 asas dasar negara, yaitu Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat. Sementara Soepomo mengusulkan "Dasar Negara Indonesia Merdeka", yaitu Persatuan, Kekeluargaan, Mufakat dan Demokrasi, Musyawarah, serta Keadilan Sosial.

"Selanjutnya pada tanggal 1 Juni 1945, Tambah Wakil Wali Kota, Soekarno memperkenalkan 5 sila, yang terdiri dari Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa. Inilah momen Pancasila dikenalkan untuk pertama kalinya."jelasnya.


Dalam kesempatan ini juga, Wakil Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Paskibra terpilih, yang telah melakukan latihan selama lima hari terakhir ini dibawah bimbingan para pelatih dari PPI kota Banjar.

"Saya berharap, generasi muda dapat memaknai serta melaksanakan Sila Pancasila dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan Bernegara. Semoga Adik-adik Paskibraka ini menjadi Motivator bagi anak muda Kota Banjar agar menjadi generasi muda yang disiplin dalam setiap kegiatan sehari-harinya." Pungkas Wakil Wali Kota.tema